Wanita Yang Masih Satu Atap Dengan Mertua Berpeluang Sakit Jantung 3 Kali Lebih Besar, Ini Buktinya



Tinggal satu atap bersama dengan mertua menjadi pemandangan yang biasa di Indonesia. Terlebih jika pasangan tersebut belum memiliki rumah sendiri. Namun dalam proses menjalaninya sering terjadi dimana pasangan bisa mengalami kebahagiaan atau justru berujung stress.

Wanita Yang Masih Satu Atap Dengan Mertua Berpeluang Sakit Jantung 3 Kali Lebih Besar, Ini Buktinya

“Memang tidak semua perempuan bermasalah ketika tinggal bersama mertua, namun tak sedikit yang kemudian menjadi rentan mengalami permasalahan ini.”

Ternyata setelah dilakukan penelitian diketahui bahwa wanita yang hidup satu atap dengan mertuanya berpotensi buruk terhadap kesehatannya. Disebutkan oleh ilmuwan bahwa wanita yang serumah dengan mertua akan lebih rentan tiga kali lipat beresiko penyakit jantung.

Hal ini dikarenakan istri harus berperan sebagai anak, istri dan sekaligus menjadi ibu. Sehingga hal itu menyebabkan munculnya tekanan darah tinggi bahkan diabetes yang selanjutnya beresiko terhadap kerusakan jantung.

Dilansir dari Daily Mail bahwa para peneliti telah memantau 91 ribu pria maupun wanita paruh baya selama 14 tahun dan didapati 671 diantaranya mengalami penyakit arteri koroner. Sementara 339 orang meninggal lantaran penyakit jantung dan 6.255 orang meninggal lantaran penyebab lain.

Meski demikian, tinggal bersama dengan mertua atau orangtua memiliki manfaat yang banyak, sebagaimana yang dijelaskan Profesor Horoyasu Iso. Hanya saja faktor tekanan atau stress paling banyak meningkatkan kerentanan kesehatan wanita.

Baca Juga: