Meski Seorang Tunanetra, Remaja Ini Mampu Hafalkan 27 Juz Al Qur’an Dalam Waktu 1 Bulan



Di balik kekurangan yang Allah berikan ternyata tersimpan kelebihan yang membuat banyak orang kagum. Salah satunya seperti yang ditunjukkan oleh seorang remaja tunanetra bernama Bagas Wahyu Rizki Pambudi yang mampu menghafal 27 juz Al Qur’an dalam waktu satu bulan saja.

Orang-orang pun kagum dan tidak menyangka jika remaja kelahiran Gunung Kidul 29 Maret 2002 tersebut tidak mampu melihat dan memiliki keterbelakangan mental (autis).

Meski Seorang Tunanetra, Remaja Ini Mampu Hafalkan 27 Juz Al Qur’an Dalam Waktu 1 Bulan

Duduk di kelas 8 MTs Yayasan Kesejahteraan Tuna Netra Islam (Yaketunis) Yogyakarta, Bagas senantiasa menghafal menggunakan media Pen Al Qur’an Braile Digital. Disebutkan bahwa ia menghafal 27 juz tersebut di bulan Ramadhan.

“Hafal 27 juz selama sebulan, waktu bulan Ramadhan,” ucapnya.

Adapun waktunya ia lakukan pada pukul 8 hingga 10 malam untuk satu juz Al Qur’an. Selain itu Bagas juga senantiasa membaca Al Qur’an setiap harinya.

Kegemaran dari penyuka ceramah KH Anwar Zahid dalam membaca Al Qur’an sudah tertanam sejak duduk di kelas satu SD. Alhasil ketika masuk ke MTs, Bagas pun sudah bisa dan mahir membaca Al Qur’an.

Sementara itu terkait kemampuannya menghafal yang luar biasa di bulan Ramadhan, dirinya hanya menjawab sekenanya.

“Engga tahu, baca aja, tahu- tahu hafal, terus dilanjutin.” tambahnya.

Kemampuan lainnya dari siswa yang tinggal di Jalan Kaliurang km 9 Sleman itu adalah mampu menghafal 120 hadist Nabi dimana salah satunya mengenai keutamaan membaca Al Qur’an.

Kini Bagas berencana untuk melanjutkan hafalannya hingga 30 juz Al Qur’an. Ia pun ingin melanjutkan pendidikan di MAN Maguwoharjo Sleman usai lulus dari MTs.

Dari penuturan Agus Suryanto selaku Kepala MTs Yaketunis diketahui bahwa Bagas memiliki daya ingat yang kuat. Bahkan apa yang dikatakan oleh gurunya senantiasa dihafal oleh Bagas. Tak heran jika ia mampu menghafal Al Qur’an dalam waktu singkat.

Baca Juga: