Ini 5 Amalan Sepele Yang Bisa Membuka Pintu Surga



Setiap umat muslim tentu ingin bisa masuk ke dalam surga yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan. Namun hanya orang-orang terpilih saja yang bisa masuk ke dalamnya yakni yang senantiasa menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Meski demikian, mereka yang telah melakukan amal kebajikan tidak boleh merasa dirinya ahli surga dan pantas untuk masuk ke dalamnya. Ini karena semuanya merupakan hak Allah.

Ini 5 Amalan Sepele Yang Bisa Membuka Pintu Surga

Banyak orang yang sengaja mempertontonkan amalan besar mereka dengan harapan mendapatkan simpati atau pujian dari manusia. Semua itu tidaklah bernilai pahala sedikit pun dalam pandangan Allah, melainkan justru berbuah dosa. Terlebih di era kemudahan komunikasi dan teknologi saat ini sehingga orang berlomba-lomba berbuat kebaikan hanya demi sebagai tontonan masyarakat saja.

Ketahuilah bahwa ada amalan-amalan sepele yang justru sangat besar keutamaannya. Bahkan dikatakan amalan-amalan tersebut bisa membuka pintu surga. Apa saja amalan tersebut?

1. Memberi Minum Binatang

Binatang merupakan salah satu makhluk Allah juga dan saat ini banyak orang yang sudah tidak peduli dengan keadaan binatang, apalagi memberikan minum. Padahal amalan sepele ini bisa menghantarkan seseorang menuju surga.

Dari Abu Hurairah, Rasullullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Ketika sedang melakukan perjalanan, seorang laki-laki merasa haus, lalu ia menuju ke sebuah sumur dan minum air. Setelah ia keluar, ternyata ada seekor anjing yang menjulurkan lidahnya dan memakan pasir karena kehausan. Lelaki itu bergumam ‘Anjing ini telah merasa kehausan seperti yang telah aku rasakan’. Ia pun kembali menuju sumur dan memenuhi sepatunya dengan air, lalu memberikan minum anjing tersebut. Maka Allah berterima kasih kepadanya dan mengampuni segala dosanya. Mereka (para sahabat) bertanya: Wahai Rasullullah, apakah kita akan mendapatkan pahala dengan memberi minum binatang? Beliau menjawab: ‘Pada setiap limpa yang basah, terdapat pahala’ ”. (HR Bukhari Muslim)

2. Menyingkirkan Gangguan Di Jalan

Jalan merupakan tempat melajunya kendaraan dan tak jarang kita dapati ada benda seperti kerikil ataupun paku di tengah jalan. Benda-benda tersebut sesungguhnya bisa membahayakan pengguna jalan dan mengakibatkan kecelakaan. Dengan mengambil atau menyingkirkannya, maka hal itu tercatat sebagai amal shaleh.

Rasulullah bersabda: “Barangsiapa menyingkirkan gangguan dari jalan kaum muslimin, maka akan dicatat untuknya satu kebaikan, maka ia akan masuk surga” (HR. Bukhari).

3. Menjenguk Orang Yang Sakit

Salah satu kebaikan yang sepele namun bernilai besar adalah menjenguk orang yang sakit. Tak hanya baik dalam pandangan manusia, amalan ini juga akan menposisikan manusia dalam keadaan yang mulia.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Barang siapa menjenguk orang sakit atau mengunjungi saudaranya karena Allah, maka malaikat berseru: ‘Engkau adalah orang yang baik, langkahmu adalah langkah yang baik, dan engkau telah mendapatkan suatu posisi di surga’ ” (HR Tirmidzi)

4. Tersenyum

Menebarkan senyum ataupun salam termasuk sebagai suatu kebajikan dan menghasilkan pahala. Dengan senyum pula menunjukkan bahwa Islam merupakan agama yang ramah dan rahmatan lil alamin.

Rasul bersabda, “Kebaikan akhlak adalah keceriaan wajah dan menjauhi amarah,”

5. Menutup Aib Orang Lain

Dalam suatu masyarakat sering kita temukan orang yang berghibah atau membicarakan aib orang lain. Bahkan mungkin diri kita pun senang melakukannya. Namun ketahuilah bahwa orang yang menggunjingkan aib orang lain sama saja dengan memakan bangkai saudaranya. Dengan menutup aib mereka dan tidak menggunjingkannya, maka Allah pun akan memberikan ganjaran surga di akhirat kelak.

Rasulullah bersabda: “Tidaklah seorang hamba menutup aib seorang hamba di dunia, melainkan Allah akan menutup aibnya pada hari kiamat” (H.R. Muslim).

Baca Juga:





Loading...