Beginilah Amalan Penghuni Surga Saat Di Dunia




KabarMakkah.Com – Bagi seorang muslim, tujuan yang ingin dicapai adalah guna meraih kemenangan saat berada di akhirat dan beroleh surga yang dijanjikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Akan tetapi kemenangan tersebut ditentukan oleh besar kecilnya ketaatan seorang seorang muslim kepada Rabb dan juga RasulNya, sebagaimana firman Allah:

“Dan barang siapa mentaati Allah dan rasulNya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.” (QS Al Ahzab 71)
Beginilah Amalan Penghuni Surga Saat Di Dunia
Ilustrasi gambaran surga
Untuk bisa mendapatkan surga yang dijanjikan oleh Allah, ada beberapa amalan shaleh yang mesti dilakukan semenjak di dunia. Bahkan amalan tersebut dikenal sebagai amalan penduduk ahli surga.

1. Bertaubat

Amalan penghuni surga

Sesungguhnya surga yang nanti akan seluas langit dan bumi, diperuntukkan bagi orang-orang yang bertaubat serta kembali kepada jalan telah Allah ridhai.

Allah Ta’ala berfirman:

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang.” (QS Ali Imran 133)

2. Berhijrah

Amalan penghuni surga di dunia

Makna berhijrah saat ini bukanlah pergi dari suatu tempat ke tempat lain, melainkan berpindahnya sikap dari keburukan kepada kebaikan. Berhijrah tak hanya dituangkan dalam jihad fisik namun juga disertai dengan berjihad secara harta.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam Al Quran:

“Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah. Dan itulah orang-orang yang mendapatkan kemenangan.” (QS At Taubat 20)

3. Selalu Istiqamah

begini amalan penghuni surga

Istiqamah yang dimaksud tentunya adalah dalam kebaikan sebagaimana firman Allah:

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: Rabb kami ialah Allah, kemudian mereka beristiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. Mereka itulah penghuni-penghuni surga. Mereka kekal di dalamnya sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.” (QS Al Ahqaf 13-14)

4. Khusyu

Penghuni surga di dunia

Bagi orang yang khusyu telah Allah wariskan surga beserta keindahannya yang tak pernah dilihat oleh manusia selama hidup di dunia.

Dalam Al Quran, Allah Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu dalam shalatnya.” (QS Al Mu’minun 1-2)

5. Menyempurnakan Wudhu

Amalan penghuni surga saat di dunia

Surga yang nanti disiapkan untuk orang yang shaleh adalah surga bagi orang-orang yang melakukan wudhu secar benar dan diakhiri dengan ucapan syahadat.

Hal ini dijelaskan oleh sahabat Umar bin Khaththab bahwa Nabi bersabda:

“Tidaklah salah satu diantara kalian yang berwudhu lalu disempurnakan wudhu itu, sesudah itu ia berucap: “Asyhadu an laa ilaha illallah, Wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu (Aku bersaksi bahwa tidak tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hambaNya dan RasulNya) , melainkan Allah akan membukakan baginya 8 pintu surga yang bisa dimasukinya menurut kehendaknya.” (HR Muslim)

6. Melaksanakan Shalat Rawatib

Amalan di dunia para penghuni surga

Ketahuilah bahwa dengan menjaga shalat rawatib, maka Allah akan menghadiahkan pahala berupa surga bagi orang tersebut.

Sesungguhnya Ummu Habibah berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Siapa yang mengerjakan shalat 12 sehari semalam, akan dibuatkan oleh Allah untuknya rumah di surga.” (HR muslim)

Menurut ahli hadist, 12 rakaat yang dimaksud adalah shalat rawatib yakni shalat yang dilakukan sebelum ataupun setelah shalat wajib.

7. Mendirikan Bangunan Masjid Lillahi Ta’ala

Penghuni surga saat di dunia

Sejatinya Allah akan memberi balasan surga bagi orang yang mau mendirikan masjid atau tempat ibadah, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadist Rasulullah.

“Barang siapa membangun masjid dalam rangka mencari keridhaan Allah semata, maka Allah akan membuatkan pula baginya rumah di surga.” (HR Bukhari Muslim)

Subhanallah, lihatlah bagaimana amalan yang dilakukan di dunia meski terlihat sepele, namun Allah telah menyiapkan balasannya berupa surga yang seluas langit dan bumi.

Sudah sepantasnya untuk kita sekuat tenaga dalam meraih balasan Allah tersebut karena akhiratlah yang akan menjadi kehidupan kita yang sebenarnya.

Wallahu A’lam