Tak Hanya Menjadi Sedekah, Ini 10 Manfaat Senyum Yang Wajib Diketahui




Salah satu sunnah Rasulullah yang paling ringan namun setara dengan sedekah adalah senyum. Meski demikian, tidak semua orang bisa tersenyum dengan mudah. Padahal sangat jelas Rasulullah menyebut senyum adalah sedekah dan berbuah pahala.

“Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah.” (HR Tirmidzi)

Tak Hanya Menjadi Sedekah, Ini 10 Manfaat Senyum Yang Wajib Diketahui
Ilustrasi tersenyum (Foto: Mukhiddin A Lee)
Namun perlu diketahui bahwa selain merupakan sedekah, seseorang yang mengamalkan senyuman juga bisa memperoleh manfaat lain. Berikut adalah manfaat tersenyum yang harus diketahui.

1. Senyuman Bisa Membuat Seseorang Menjadi Lebih Menarik

Semua telah sepakat bahwa tersenyum bisa membuat seseorang bisa menjadi lebih menarik dikarenakan ada daya tarik tertentu. Terlebih jika dibandingkan dengan cemberut ataupun mengerutkan dahi.

2. Tersenyum Bisa Mengubah Suasana Hati

Kondisi fisik atau batin yang sedang rapuh ataupun sedih bisa mendadak terobati ketika tersenyum. Bahkan senyuman bisa memiliki kekuatan lebih untuk membuatnya lebih kuat menghadapi masalah.

3. Senyum Bisa Menular

Selain bisa mengubah kondisi pribadi menjadi lebih baik, tersenyum juga bisa menular kepada orang lain untuk lebih bahagia.

4. Senyuman Bisa Meredakan Stress

Masalah yang sedang dialami terkadang bisa mengakibatkan stress dan hal tersebut nampak jelas di bagian wajah. Dengan tersenyum, maka tanda stress atau keletihan pun tidak nampak. Bahkan tersenyum bisa mengurangi stress dan bisa berpikir jernih dalam menyelesaikan masalah.

5. Tersenyum Bisa Meningkatkan Imunitas

Ketika dirundung duka atau depresi, maka tubuh pun perlahan-lahan akan kehilangan imunitasnya. Dengan tersenyum, daya tahan tubuh bisa bekerja kembali sehingga membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit.

6. Senyum Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa tekanan darah ketika seseorang tersenyum akan jauh lebih menurun dibandingkan hanya diam dengan raut muka yang datar.

7. Senyuman Bisa Menghilangkan Rasa Sakit Dan Membuat Lebih Baik

Ketika seseorang tersenyum, maka senyawa endorfin akan terlepas sehingga orang tersebut akan merasa lebih baik secara kondisi hati. Selain itu tersenyum juga bisa mengurangi rasa sakit secara alami.

8. Tersenyum Bisa Membuat Awet Muda

Banyak yang mengetahui bahwa tersenyum bisa membuat awet muda dan hal ini memang benar. Karena setiap kali tersenyum, maka wajah seakan terangkat dan tampak lebih muda. Jika tidak percaya, cobalah untuk tersenyum dan rasakan jiwa yang lebih baik dan lebih muda.

9. Senyum Bisa Menjadi Ciri Sukses

Dalam suatu perusahaan, seseorang yang tersenyum menjadi ciri sebuah kepercayaan diri dan lebih mudah untuk dipromosikan. Selain itu senyuman juga bisa merekatkan hubungan dengan relasi sehingga memudahkan kerjasama.

10. Senyum Bisa Membuat Orang Lebih Berpikir Positif

Manfaat yang terakhir adalah senyum bisa membuat orang lebih berpikir positif. Dengan begitu bisa menghindarkannya dari pikiran negatif yang hanya berujung penyakit.

Baca Juga:


Demikian 10 manfaat senyum yang wajib diketahui, selain berbuah pahala. Wallahu A’lam





loading...

close ini