Inilah Alasan Mengapa Rasulullah Senang Memakan Buah Semangka




Bagi masyarakat Indonesia, buah semangka bukanlah buah yang asing. Justru buah ini seringkali terlihat dijual oleh para pedagang buah harian ataupun musiman. Jika kita sering mendengar bahwa Rasulullah senang mengkonsumsi buah kurma, lantas pernahkah kita mendengar Rasul juga senang dengan buah semangka?

Ternyata Rasulullah menyukai jenis buah ini karena banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya. Dalam hadist dari Aisyah, ia berkata, “Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sering makan semangka disertai ruthab" (HR Tirmidzi)

Inilah Alasan Mengapa Rasulullah Senang Memakan Buah Semangka

Dari keterangan Ibnul Qayyim dijelaskan bahwa semangka yang dimaksudkan dalam hadist tersebut merupakan semangka berkulit hijau. Buah ini memiliki efek lebih cepat dicerna oleh lambung dibandingkan dengan ketimun ataupun wortel. Selain itu, buah semangka juga cepat mengalami perubahan dengan zat yang terdapat dalam lambung sehingga baik dikonsumsi sebelum makan.

Secara medis, buah semangka memiliki manfaat untuk membersihkan perut dan menjauhkan dari penyakit jika dikonsumsi sebelum makan. Sementara menurut Al Baghdadi disebutkan bahwa semangka memiliki efek dingin dan sejuk, sedangkan blewah (semangka belanda) sedikit lebih panas.

Diketahui bahwa keduanya bisa memperlancar jalannya air seni dan getahnya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat. Bahkan bijinya bisa untuk menyembuhkan batu ginjal maupun kista.

Meski memiliki banyak manfaat, konsumsi buah semangka tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan.

Semangka sendiri merupakana tanaman yang berbuah cukup banyak saat musim panas dan awalnya tumbuh di India dan mesir. Setelah itu semangka menyebar ke pesisir laut mediterania dan banyak dikonsumsi saat musim panas karena bisa menghilangkan haus.

Ini karena hampir 90 persen dari semangka adalah air dan mengandung kadar gula 6-9% serta kaya akan vitamin C. Tak hanya saja, buah ini juga mengandung banyak zat yang bermanfaat.

Menurut pakar gizi Amerika, buah semangka dapat menjadi pencegah tipus dan rematik. Sementara untuk bijinya mengandung lemak 43%, protein 27% dan glukosa 15%. Alhasil biji semangka bisa menjadi bahan pelembut alami kulit sekaligus meningkatkan stamina.

Baca Juga:


Demikianlah alasan mengapa Rasulullah senang memakan buah semangka. Semoga kita pun bisa mengikuti apa yang beliau lakukan sebagai bentuk sunnah sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara alami. Wallahu A’lam






close ini