7 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

7 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

KabarMakkah.Com - Buah Tin adalah salah satu buah yang disebut oleh Allah SWT dalam Alqur'an, Bahkan nama buah ini di abadikan sebagai nama sebuah surat di dalamnya. Selain itu buah tin juga termasuk buah yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW.

Buah Tin
Buah Tin

Dalam sebuah hadits riwayat Abu Dzar, Suatu hari Rasulullah mendapatkan hadiah buah tin, kemudian Nabi Muhammad SAW mengajak sahabat- sahabat untuk makan dan Nabi pun juga ikut makan seraya berkata "Kalau aku perkataan tentang buah yang diturunkan dari syurga, niscaya aku katakan inilah kerana buah- buahan syurga tidak berbiji. Oleh karena itu, makanlah buah ini. Sesungguhnya buah ini menghentikan penyakit buasir dan menyehatkan badan"

Dari hadits diatas kita bisa mengetahui bahwa buah tin berasal dari surga dan mempunyai berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Hasil riset yang dilakukan di Universitas Rutgers di New Jersey mengatakan bahwa kandungan serat yang ada dalam buah tin lebih tinggi dari buah apel, oleh karena itu para pakar kesehatan menyarankan untuk memakan buah tin secara rutin dan teratur. (Baca Juga: Manfaat Buah Dan Minyak Zaitun)

Sayangnya, di Indonesia belum banyak yang bisa mengkonsumsi buah tin dan membudidayakannya. Hal ini dikarenakan harganya yang mahal, dan biasanya orang Indonesia akan mengonsumsinya ketika mendapat oleh-oleh dari saudara / rekan yang pulang haji atau umroh. (Baca Juga: Oleh Oleh Khas Makkah Dan Madinah)

Dan inilah 7 Manfaat Buah tin Untuk Kesehatan Manusia:

1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan buah tin memiliki efek pencahar yang dapat menyembuhkan penyakit sembelit kronis atau masalah usus dan lambung. Selain itu, buah tin bisa meredakan wasir karena dapat melancarkan buang air besar.

2. Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium yang tinggi membuat buah tin dapat menjadi alternatif sumber kalsium bagi yang alergi produk susu sehingga Anda dapat terhindar dari resiko osteoporosis.

3. Menjaga Tekanan Darah dan Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan kalium dan omega 3&6 dalam buah tin dapat menjaga tekanan darah sekaligus melindungi jantung dari serangan jantung koroner.

4. Antikanker

Kandungan fenol dan coumarin dalam buah tin berfungsi untuk mencegah kanker payudara, prostat, dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh,

5. Anti Bakteri

Buah tin sangat dipercaya bisa membunuh bakteri yang mengganggu kesehatan tubuh.

6. Menambah Darah

Buah tin merangsang pembentukan hemoglobin dalam darah, sehingga sangat cocok digunakan bagi penderita anemia.

7. Mengobati Asma

Menurut para pakar kesehatan, Buah Tin juga bermanfaat untuk membantu bernafas normal bagi penderita sesak napas atau asma.

Demikian 7 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan. Buah ini memang jarang ditemukan di Indonesia, namun jika ada keluarga atau teman yang sedang berhaji atau umrah anda bisa titip ke mereka untuk membelikannya, karena di tanah suci harga buah tin relatif murah, berkisar 8 - 15 riyal perbungkusnya seperti gambar diatas.
Next article Next Post
Previous article Previous Post