Oleh Oleh Khas Mekkah Madinah

Diposting pada

KabarMakkah.Com – Setiap Jamaah Umrah maupun Haji biasanya tidak akan lupa untuk membeli oleh oleh buat keluarga maupun sanak saudara yang ada di tanah air. Karena haji dan umroh bukan hanya sekedar ibadah, namun juga bisa disebut sebagai travelling atau wisata rohani.

Berbicara mengenai oleh oleh, sebenarnya di Saudi banyak terdapat berbagai macam souvenir, makanan khas dan pernik-pernik yang bisa dijadikan oleh oleh buat keluarga maupun sanak saudara. namun sayangnya mayoritas dari oleh oleh tersebut bukan Made In Saudi akan tetapi Made In China. (Baca Juga: Tempat Belanja Paling Murah Di Mekkah Dan Madinah)

Postingan KabarMakkah.Com kali ini akan menguraikan berbagai oleh-oleh yang biasanya dibawa pulang jamaah umrah maupun jamaah haji Indonesia. dan dibawah ini adalah berbagai macam barang dan makanan yang bisa diberikan untuk sanak keluarga yang ada di tanah air. (baca juga: Tips Belanja Di Mekkah Dan Madinah)

1. Air Zamzam. oleh-oleh yang satu ini wajib dibawa bagi anda yang sedang umrah maupun haji. air ini adalah air yang berkualitas terbaik dan tidak ada tandingannya di belahan dunia manapun. Zamzam dipercaya bisa menyembuhkan penyakit dan mendatangkan keberkahan bagi yang meminumnya. di jaman dulu para jamaah haji dan umrah selalu menyediakan botol kosong untuk diisi air zamzam di tempat pengambilan di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi.

Akan tetapi di zaman sekarang yang serba canggih, Kerajaan Arab Saudi telah membangun perusahaan khusus untuk air zamzam yang bernama Zamazimah, Perusahaan ini terletak di daerah Kuday, tepatnya bersebelahan dengan tempat parkir bus haji. Pemerintah Saudi tidaklah menjual air zamzam, namun hanya menjual bungkus dan labelnya seharga 5 Riyal. (baca juga: Fakta Tentang Air)

Oleh Oleh Khas Mekkah Madinah
Zamzam Dalam Kemasan Botol 10 Liter

Dengan uang sebesar 5 Riyal anda akan mendapatkan 10 Liter air zamzam yang sudah dikemas dalam botol besar yang bersih dan higienis seperti gambar diatas. namun jika anda membeli bukan dari tempat Zamazimah langsung biasanya sekitar 10 – 15 Riyal.

2. Kurma, dengan nama latin Phoenix Dactylifera Kurma adalah salah satu tumbuhan yang terkenal dan populer dengan keunikan buahnya, kurma kaya akan nutrisi, di antaranya karbohidrat, serat, protein, vitamin C, mangan, air, dan sedikit lemak. Kurma tersebar di seluruh tanah arab. namun ada satu kurma yang tidak akan bisa tumbuh kecuali di tanah Madinah. kurma itu adalah Kurma Ajwa, sering disebut dengan kurma nabi.

Nabi Muhammad SAW sendiri sangat menggemari kurma Ajwa dan men­sun­nah­kan untuk memakan tujuh buah kur­ma Ajwa di pagi hari atau saat ber­buka puasa. Seperti dijelaskan dalam hadits riwayat Shahih Al-Bukhari, “Siapa pun yang pagi-pagi makan tujuh buah kurma Ajwah, pada hari itu dia tidak mu­dah keracunan dan terserang penyakit.” (baca juga: Kupas Tuntas Tentang Kurma)

 

Kurma Ajwa
Kurma Ajwa

Harga kurma yang satu ini memang lebih mahal daripada kurma yang lainnya, sekitar 60 – 80 Riyal perkilonya. tergantung dengan kualitas dan besar kecil bentuk kurma tersebut.

3. Sajadah,  anda bisa membeli oleh oleh berupa sajadah yang bergambar Masjidil Haram, Masjid Nabawi Madinah maupun yang bergambar kaligrafi dengan motif Islam. Sajadah merupakan salah satu barang oleh-oleh favorit para jamaah umroh dan haji.

Oleh Oleh dari Mekkah Madinah
Sajadah Di Makkah

Mayoritas sajadah yang dijual di Saudi adalah Made In Turkey, namun terdapat juga yang Made Saudi dan Made China. harganya bervariasi, tergantung kualitas dan bahan sajadah tersebut. berkisar antara 10 – 100 Riyal.

4. Tasbih,  oleh oleh jenis ini juga menjadi pilihan yang menarik bagi jamaah. karena selain bobot barang yang tidak berat harganya pun juga murah. hanya dengan 10 Riyal anda bisa mendapatkan 20 buah tasbih untuk dijadikan oleh-oleh.

Tasbih Pirus
Tasbih Fairuz

Namun jangan berpikiran kalau semua tasbih harganya murah, karena di Mekkah dan Madinah juga menyediakan berbagai tasbih dari batuan berharga, seperti tasbih yang terbuat dari batu fairuz, ruby dan batuan permata yang high class dan tak jarang harganya bisa mencapai ribuan riyal.

5. Kacang Kacangan, oleh oleh dari Makkah dan Madinah yang sering dibawa adalah jenis Kacang-kacangan. walaupun tak jarang kacang tersebut biasanya bukan asli dari Saudi seperti Kacang Almond dan sejenisnya.

Namun tak ada salahnya jika anda membeli oleh-oleh untuk keluarga berupa jenis kacang-kacangan karena selain harganya murah. oleh-oleh jenis ini juga bermanfaat untuk kesehatan. karena kacang  mengandung banyak serat dan dipercaya bisa mencegah berbagai penyakit seperti jantung dan kolestrol.

Kacang Almond
Kacang Almond

Harga kacang di Mekkah dan Madinah bervariasi antara 10 – 50 riyal per Kilo. tergantung jenis dan kualitas kacang yang dibeli.

6. Siwak, atau sikat gigi tradisional yang pernah dipakai oleh Nabi Muhammad. Siwak bisa ditemukan di seluruh Mekkah dan Madinah. biasanya banyak pedagang kaki lima yang menjualnya di sekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Mereka mengukir, memotong dan menjualnya dalam jumlah lusinan. Dengan kisaran antara 5 – 10 Riyal per lusin.

Siwak
Siwak

7. Ma’moul. oleh oleh jenis roti yang berisi kurma ini jarang dibawa karena mayoritas jamaah haji dan umrah belum mengetahuinya. harganya yang relatif murah dan rasanya yang enak membuat oleh-oleh yang satu ini sering dibawa oleh jamaah yang sering bolak balik ke Mekkah untuk berumrah maupun berhaji.

Ma'moul
Roti Mamoul

Harga Mamoul berkisar antara 5 – 50 riyal perbungkusnya. tergantung dengan merk dan kualitas Mamoul tersebut. anda bisa menemukan roti kurma ini di mall ataupun di toko-toko yang berjualan oleh-oleh khas saudi.

8. Zaitun,  dalam bahasa latinnya Olea europaea adalah sebuah pohon kecil yang bisa hidup bertahun-tahun dan berwarna hijau abadi. oleh oleh berupa minyak dan buah zaitun juga sering dibawa oleh jamaah haji dan umrah.

Zaitun
Buah Dan Minyak Zaitun

Harga untuk satu kaleng buah zaitun berkisar antara 3 – 7 Riyal, tergantung kualitas. sedangkan untuk minyak zaitun harganya 5 – 15 Riyal perbotol. Zaitun dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit termasuk jantung koroner, untuk mengetahui berbagai manfaat Buah dan Minyak Zaitun bisa dibaca di Khasiat Dan Buah Minyak Zaitun.

9. Buah Tin

Buah Tin
Buah Tin

Buah Tin adalah salah satu buah yang disebut oleh Allah SWT dalam Alqur’an, Bahkan nama buah ini di abadikan sebagai nama sebuah surat di dalamnya. Selain itu buah tin juga termasuk buah yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW dan dipercaya memiliki berbagai khasiat dan manfaat. harga buah ini relatif murah dan jarang sekali ditemukan di Indonesia. anda bisa membaca berbagai khasiat buah ini di 7 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan.

Demikian ulasan Oleh Oleh Khas Mekkah Madinah, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin berbelanja di tanah suci.

Loading...