Tempat Belanja Paling Murah Di Mekkah Madinah Dan Jeddah

Tempat Belanja Paling Murah Di Mekkah Madinah Dan Jeddah

"Murah" adalah sebuah kata yang sering dicari dan disukai oleh kebanyakan orang, terutama jamaah haji atau jamaah umroh perempuan khususnya ibu-ibu, tidak peduli apakah dia kaya ataupun tidak punya, yang pasti semua orang ingin yang murah meriah ketika berbelanja di tanah suci baik di mekkah maupun madinah.

KabarMakkah.Com kali ini akan mengulas dan mengintip tempat wisata yang murah baik di mekkah maupun di madinah dan jeddah. dan berikut ini adalah daftar rekomendasi tempat untuk berbelanja bagi jamaah haji maupun umroh di tanah suci.

Super Market Bin Dawood, bisa ditemui di berbagai daerah di mekkah dan madinah. jika di mekkah terletak di daerah Aziziyah, Sulaymaniyah, dan Ajyad serta juga terdapat di hotel Zamzam dan Hilton Mekkah. Berbagai barang dan kebutuhan dijual di tempat tersebut dengan harga yang bersaing.

Bin Dawood
Bin Dawood



Diskon menarik bisa didapatkan di tempat belanja ini apabila Anda membeli barang dalam jumlah besar. Jika satu potong gamis yang dijual di toko-toko busana di sekitar Masjidil Haram dibanderol dengan harga 40 riyal, Anda dapat membeli satu kodi (20 potong) baju yang sama di Bin Dawood dengan harga 30 riyal per potong.(Baca Juga: Tips Belanja Di Mekkah Dan Madinah)

Pasar Jakfariah, Pusat Barang Grosir ini terletak sekitar 1 kilometer dari Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. tepatnya di sebelah pekuburan ma'la dimana disitulah sayyidah khodijah radhiallah anha dimakamkan. Pasar Jakfariah ini menjual berbagai keperluan ibadah, termasuk perhiasan emas, jam tangan, dan barang-barang elektronik berupa telepon genggam. jika anda berbelanja di pasar ini jangan lupa untuk menawar serendah-rendahnya. jangan takut untuk diusir karena mayoritas penjaganya ramah-ramah tidak seperti di pasar makkah yang lain.

Mayoritas penjualnya juga bisa menggunakan bahasa Indonesia walaupun dengan logat Arab. Tawar-menawar juga lazim dilakukan di pasar yang tepat waktu sholat langsung tutup dan digelar karpet untuk alas sholat di lorong-lorong jalan pasar itu.

Pasar Jakfariah disebut juga sebagai pasar borong karena para pembeli yang umumnya jamaah haji, banyak yang berbelanja dengan memborong barang sebagai oleh-oleh dan harganya umumnya relatif di bawah harga eceran di pasar lainnya. (Baca Juga: Oleh Oleh Khas Mekkah Dan Madinah)

Tahlia street, Tahlia Street berada di tengah Kota Jeddah. Anda dapat berbelanja di pusat perbelanjaan dan butik yang menjual produk-produk elektronik dan fashion ternama dunia seperti Prada, Gucci, Giorgio Armani dan sebagainya Harganya tentu ratusan hingga ribuan riyal per item. Kawasan ini disebut-sebut sebagai salah satu pusat perbelanjaan modern terbesar di Arab Saudi.

Falestin street, Jika Anda ingin berbelanja produk elektronik, Falestin Street tempatnya. Di kanan kiri jalan ini berjajar toko-toko yang menjual aneka merk telepon genggam, kamera, MP3, MP4, MP5 dan laptop beserta aksesorisnya.Harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan harga barang elektronik di tanah air. Selisih harganya berkisar antara puluhan ribu rupiah hingga Rp1 juta.

Balad, Kawasan yang bisa menjadi surga bagi jamaah adalah Balad. Selain memiliki pusat perbelanjaan kelas tinggi yang menawarkan produk terbaru dari merek ternama dari Milan dan Paris, kawasan kota tua di Jeddah ini juga dipadati pedagang tradisional dan pasar terbuka yang menawarkan aneka produk fesyen dan souvenir dengan harga relatif murah.

Pada malam hari, pusat perbelanjaan ini dipadati oleh pengunjung. Kepadatan pusat perbelanjaan yang terletak di daerah Corniche Jeddah ini sangat ramai selama musim haji karena umumnya jamaah haji dan umroh selalu menyempatkan diri untuk singgah ke balad.

Karpet, abaya, aneka merk minyak wangi dengan kemasan unik, tasbih, sajadah, jam tangan, fashion, aneka produk kulit, kerudung, pasmina, hingga celak mata dan hena bisa dibeli di pusat perbelanjaan yang setiap waktu shalat tiba ditutup beberapa saat ini.

Sebagian besar barang yang dijual di pasar ini diimpor dari negara lain seperti India, Pakistan, Bangladesh, dan Cina. Hampir semua produk suvenir yang dijual di pasar Balad, termasuk tasbih dan kaligrafi, merupakan barang impor dari Cina. Barang-barang impor dari Cina ini rata-rata dijual grosiran dan harganya sangat murah. Harga satuan tasbih batu aneka warna hanya 1 riyal dan harga satuan aneka dompet kulit hanya antara 10 hingga 15 riyal.Harga jual setiap produk sangat bervariasi sesuai dengan kualitasnya dan bisa ditawar. Sebagian pedagang juga bisa berbahasa Indonesia meski terbatas pada angka-angka sehingga pengunjung asal Indonesia yang tidak bisa berbahasa Arab tetap bisa melakukan tawar menawar harga.


Pasar Ukaz, Pasar ini banyak menjual berbagai jenis buah kurma. Pasar ini terletak antara Thaif Dan  Mekkah. Dulu, Pasar Ukaz merupakan pusat perdagangan masyarakat Mekkah yang selalu ramai. Namun sekarang pasar ini agak sepi pengunjung.

Pasar Bab Mekkah, lokasi pasar ini terletak di Suhaifa, di salah satu sudut kota Jeddah, Arab Saudi. Pasar tradisional ini selalu buka pada setiap pagi dan tutup menjelang shalat Dzuhur. Pasar ini merupakan salah-satu lokasi favorit untuk memborong oleh-oleh; selain barang-barang yang dijual lengkap, harganya pun murah jika dibandingkan dengan pasar atau pusat perbelanjaan lain.

Jika ingin ke Pasar ini, dari pusat kota jeddah bisa ditempuh memakan waktu sekitar 20 menit. Semua harga barang yang dijual di Pasar Bab Mekkah terjangkau dan termasuk murah. Oleh karena itu, pastikan Anda telah mempersiapkan catatan semua kebutuhan Anda sebelum membeli sehingga pengeluaran Anda dapat diatur.

Rata-rata selisih harga barang di pasar bab mekkah lebih murah 10% daripada yang dijual di Madinah dan tempat lain di Mekkah.

Pasar Kurma Madinah, Jika Anda ingin berbelanja busana atau peralatan elektronik, jangan berbelanja di Madinah, karena harga yang ditawarkan termasuk mahal. Akan tetapi, jika Anda mencari kurma, Madinah lah tempat yang tepat.

Di Pasar Kurma Madinah, dijual berbagai jenis kurma yang harganya bervariasi, mulai dari 30 Riyal sampai 90 Riyal. Selain kurma, Anda juga dapat menemukan kacang arab, buah tin, rumput fatimah, serbuk kurma, tasbih koka dan biskuit-biskuit yang terbuat dari bahan dasar kurma di pasar ini. Pasar Kurma Madinah terletak sekitar 60 meter di sebelah selatan Masjid Nabawi. Pasar ini dibuka sejak pukul 7 hingga 10 malam waktu setempat pada musim haji.

Pasar Haraj, Selain yang disebutkan diatas, pusat belanja murah juga ada di Pasar Haraj, sebuah los pasar panjang yang menjual aneka barang baru dan bekas. Karpet, lampu kristal, barang pecah belah, kosmetik, barang elektronik, produk fashion maupun barang antik juga banyak terdapat di kawasan ini. Jika pandai menawar dan memilih, Anda dapat mendapatkan barang bagus dengan harga murah. di temnpat yang lebarnya berhektar hektar ini biasanya para pedagang memasarkan barangnya dengan cara lesehan. pasar haraj bisa anda ditemukan di mekkah madinah maupun jeddah.

Demikian Tempat Belanja Paling Murah Di Mekkah Madinah Dan Jeddah, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi mengenai berbagai tempat belanja di tanah suci.

Next article Next Post
Previous article Previous Post