Khasiat Buah Dan Minyak Zaitun

Khasiat Buah Dan Minyak Zaitun

KabarMakkah.Com - Zaitun (Olea europaea) adalah sebuah pohon kecil yang bisa hidup bertahun-tahun dan berwarna hijau abadi, Buah zaitun adalah buah yang penuh berkah, buah ini seringkali disebut dalam dalam berbagai kitab suci semua agama baik Alqur'an, Injil maupun Taurat. Selain itu buah ini dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. begitupun juga dengan minyak zaitun.

Buah Zaitun © http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/84/Olivesfromjordan.jpg


Dibawah ini adalah beberapa khasiat yang beragam dari buah Zaitun.

Mengurangi resiko diabetes

Banyak penelitian ilmu kedokteran yang menunjukkan bahwa mengonsumsi buah zaitun akan mengurangi resiko Anda terkena penyakit diabetes.

Meningkatkan kualitas mata

Karena sifat anti oksidan yang ada di dalam buah zaitun, maka buah zaitun penting untuk meningkatkan penglihatan Anda.

Mencegah sakit asma

Vitamin C yang terkandung di dalam buah zaitun mampu membantu Anda untuk terhindar dari asma.

Membantu mengobati anemia

Buah zaitun mengandung banyak sekali zat besi yang akan meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh Anda. Selain itu buah zaitun akan mengikat oksigen di dalam darah Anda sehingga membuat Anda lebih sehat.

Mencegah berbagai jenis kanker

Buah zaitun mengandung zat anti oksidan dan karotenoid yang disebut dengan lutein. Lutein akan membantu menghancurkan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat menyebabkan kanker dan karena itulah buah zaitun ampuh untuk mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker lambung.

Mencegah penuaan dini

Sifat anti oksidan yang ada di dalam buah zaitun selain untuk mencegah kanker juga dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini pada kulit manusia.

Menyehatkan pencernaan

Buah zaitun mempunyai beragam manfaat untuk menyehatkan pencernaan karena buah zaitun mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan racun dan gas penyebab masalah pencernaan.

Mencegah sakit jantung

Buah zaitun sangat baik untuk kesehatan jantung sebab buah zaitun mampu mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

Menambah imunitas tubuh

Beragam zat bermanfaat yang terkandung dalam buah zaitun akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, bahkan buah ini juga dipercaya dapat mencegah cacingan pada anak.

Selain buahnya, ternyata minyak zaitun juga bermanfaat bagi manusia, diantara berbagai manfaat minyak zaitun adalah:

– Sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah salah satu penyebab utama penuaan dini sel-sel tubuh. cara penggunannya adalah dengan meminum minyak zaitun setiap hari cukup satu sendok.

– Menurunkan obesitas dan kadar lemak yang buruk dari tubuh.

– Dengan meminum minyak zaitun secara teratur bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam darah, sehingga bisa menurunkan peluang menderita penyakit jantung koroner.

– Minyak zaitun bisa elapisi luka pada lambung dan mengurangi risiko radang usus.

– Minyak zaitun bisa menghilangkan kulit gelap pada siku tangan dan selangkangan maupun bagian tubuh lainnya. Caranya dengan mencampurkan minyak zaitun dengan gula kemudian gosokkan pada kulit tersebut dan tunggu selama lima menit kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.

– Minyak zaitun bermanfaat untuk melembutkan kulit kaki. dengan cara mengoleskan langsung minyak zaitun pada kulit kaki di malam hari kemudian dibalut dengan menggunakan kaos kaki dan dibersihkan nanti pada paginya.

– Minyak zaitun dapat mengangkat sel kulit mati. dengan mencampurkan minyak zaitun dengan sedikit garam dan gula kemudian dijadikan sebagai masker pada kulit dapat mengangkat sel-sel kulit yang telah mati dan juga melembutkan kulit.

– Minyak zaitun Berkhasiat menghaluskan kulit bersisik. Caranya mudah, oleskan langsung minyak zaitun pada kulit bersisik atau bisa juga dengan mengkumsumsi minyak zaitun sebanyak 2-3 sendok makan sehari.

– Minyak zaitun berguna untuk membunuh kutu yang berada di kulit kepala. Dalam beberapa menit saja setelah menggunakan minyak zaitun sebagai minyak rambut dapat membunuh kutu rambut dengan seketika.

– Minyak zaitun berkhasiat melembabkan rambut dengan cara menjadikan minyak zaitun sebagai minyak rambut anda setiap harinya.

– Minyak zaitun bisa melembutkan rambut yang kasar. dengan olesan minyak zaitun pada rambut bersama balutan handuk hangat selama 20 menit dapat terlihat hasilnya saat itu juga dimana rambut tebal yang kaku bisa jadi lembut.

– Mencegah obesitas jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

– Minyak zaitun bisa menjaga kelembaban dan kesegaran kulit, dan membantu menangkal kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV), seperti kulit kering, terbakar, keriput, bercak coklat, bahkan penuaan dini. caranya adalah dioleskan langsung ke bagian kulit yang dibutuhkan.

Cara Penggunaan Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa digunakan untuk berbagai pengobatan, belum ditemukan standar dosis yang baku mengenai penggunaan dengan meminum minyak zaitun. dalam berbagai penelitian biasanya disebutkan 1-3 sendok makan minyak zaitun perhari. Jumlah ini bisa lebih jika dicampurkan langsung ke dalam makanan berupa dressing salad atau lainnya.

Tiga sendok makan per hari dianjurkan bagi penderita sakit yang sudah serius, seperti penyakit jantung atau kanker, atau orang-orang yang berisiko menderita radang usus berat yang dikhawatirkan berlanjut menjadi kanker usus.

Asupan 1-2 sendok makan minyak zaitun per hari dipercaya untuk menurunkan obesitas (konsumsi dilakukan sekitar 2 jam sebelum makan), jika untuk merawat keremajaan kulit, dan pemeliharaan kesehatan tubuh secara umum minyak zaitun bisa dioleskan langsung di kulit, misalnya kulit wajah untuk mendapatkan efek melembabkan dan melembutkan.

Semoga bermanfaat.
Next article Next Post
Previous article Previous Post