Begini 10 Cara Menghilangkan Penyakit Dengki Yang Efektif




Begini 10 Cara Menghilangkan Penyakit Dengki Yang Efektif ǀ Dengki ataupun benci merupakan salah satu sifat manusia yang sangat berbahaya penyakit hati ini mampu membakar habis amalan hingga tidak bersisa.

Sungguh amat rugi umat muslim yang di dalam hatinya ada rasa kedengkian karena amal shaleh yang sebelumnya dikumpulkan, musnah seketika karena sifat tersebut. Untuk itu perlu adanya sebuah cara untuk bisa menghilangkan sifat dengki dan Imam Ibnul Qayyim Al Jauziyah telah memberikan 10 cara untuk menghilangkan penyakit dengki yang banyak melanda umat Islam sekarang ini.

Begini 10 Cara Menghilangkan Penyakit Dengki Yang Efektif

Berikut adalah cara-cara yang direkomendasikan oleh Imam Ibnul Qayyim Al Jauziyah

1. Memohon Perlindungan Allah

Guna mendapatkan perlindungan Allah dari penyakit dengki, maka kita disuruh untuk memperbanyak amalan dzikir yang ma’tsur. Selain itu kita juga dianjurkan untuk sering membaca Al Quran dan memohon ampun serta memohon perlindungan kepada Allah.

Salah satu amalan yang bisa menghilangkan penyakit hati ini adalah dengan mendawamkan surat Al Falaq karena dalam satu ayatnya dibicarakan tentang kedengkian oleh orang yang pendengki.

Allah berfirman, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh. Dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.” (QS Al Falaq 1-5)

Lakukan amalan ini setiap sebelum tidur sebanyak 3 kali sehingga Allah melindungi diri kita dari pikiran yang buruk ketika tidur.

2. Bertakwa Kepada Allah

Agar terhindar dari penyakit hati, seorang muslim harus melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi laranganNya dimana dengki menjadi salah satu perbuatan yang dilarang oleh Allah serta wajib untuk dijauhi dengan sekemampuan yang dimiliki.

3. Bersabar

Seseorang yang telah dimasuki hatinya oleh rasa dengki, maka ia akan menyalurkan kebenciannya tersebut pada siapa pun. Dan jalan terbaik untuk menanggapi sikap tersebut adalah dengan bersabar karena dengan bersabar, Allah akan menurunkan pertolonganNya. Jadi jangan mengeluh karena sering menjadi bahan kedengkian orang lain.

4. Mengosongkan Hati

Maksudnya adalah hati hendaknya dikosongkan dari berbagai penyebab rasa dengki. Jauhi berbagai perkara yang sekiranya sia-sia atau justru menimbulkan kedengkian. Akan jauh lebih baik jika menyibukkan diri dengan membaca Al Quran, berdzikir dan menghadiri berbagai majelis ilmu. Dengan begitu, hati akan terisi penuh sehingga tidak ada celah kosong untuk mendengki.

5. Terimalah Ketetapan Allah Dengan Sikap Ikhlas

Manusia sesungguhnya hanya bisa berusaha dan Allah-lah yang menentukan. Dengan kata lain, manusia harus menerima takdir yang telah Allah tetapkan dengan sikap lapang dada dan ikhlas. Dengan begitu rasa dengki terhadap orang yang lebih sukses tidak bermuara di hati.

6. Melaksanakan Taubat Nasuha

Jangan biarkan rasa bosan untuk taubat melanda dalam jiwa karena sesungguhnya dosa seorang manusia tak akan pernah berhenti mengalir. Karena itu lakukan taubat dengan beristighfar seperti yang dilakukan oleh Rasulullah yakni membacanya sebanyak 70 hingga 100 kali dalam sehari.

7. Memperbanyak Amal Shalih

Salah satu amal shalih seperti sedekah akan mampu menjadi jalan keajaiban bagi yang mengerjakannya. Sedekah akan menjadi benteng yang mampu menghalangi pelakunya dari mara bahaya ataupun kerugian. Begitu pun dengan amal shalih lainnya yang bisa menghapus berbagai kesalahan yang sebelumnya telah dilakukan.

8. Tawakal

Kedengkian muncul karena merasa diri sudah melakukan yang terbaik dan menghilangkan peran Allah. Oleh karena itu bertawakallah karena tawakal akan mampu menjamin kesuksesan seorang hamba.

9. Menumbuhkan Kecerdasan

Salah satu yang diterapkan oleh Imam Ibnul Qayyim adalah seorang pendengki harus memberikan hadiah kepada yang ia dengki. Dengan begitu ia akan mulai tersadar karena sekali ia dengki, ia harus memberikan hadiah yang tentu membutuhkan uang untuk membelinya. Lambat laun sifat dengki itu pun akan hilang.

10. Memurnikan Tauhid

Yakinilah bahwa apa yang menimpa pada diri kita ada dalam ketetapan Allah. Tidak ada yang mampu mencegah maupun menghilangkan hal tersebut tanpa izinNya.

Demikian 10 cara menghilangkan penyakit dengki yang mudah-mudahan bisa menjadi solusi terbaik bagi yang sedang mengalami problema tersebut.

Wallahu A’lam




loading...

close ini