Subhanallah! Amalan Sepele Ini Pahalanya Setara dengan Ibadah Haji

Diposting pada

Subhanallah! Amalan Sepele Ini Pahalanya Setara dengan Ibadah Haji

Salah satu amalan yang biasanya dianggap sepele, namun berpahala agung adalah berjalan menuju tempat ibadah (masjid, mushala) dengan tujuan untuk shalat berjamaah lima waktu.

Subhanallah! Amalan Sepele Ini Pahalanya Setara dengan Ibadah Haji

Tidak main-main, berjalan kaki menuju masjid untuk shalat berjamaah ini pahalanya dinilai oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala layaknya pahala beribadah haji.

Hal tersebut pernah dijelaskan dalam sebuah hadits, Bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

Barang siapa berjalan untuk shalat wajib berjamaah maka itu pahalanya seperti pahala orang yang berhaji dan ihram. Barang siapa berjalan untuk shalat sunah maka itu seperti pahala umroh.” (HR Tirmidzi, Hasan)

Dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam juga bersabda:

Barang siapa berjalan untuk shalat wajib dalam keadaan sudah suci (berwudu di rumah), maka ia seperti mendapatkan pahala orang yang berhaji dan ihram…” (HR Ahmad, Shohih)

Hadits diatas bukan berarti bahwa jalan kaki menuju tempat ibadah dengan tujuan shalat jamaah bisa mengganti kedudukan Ibadah haji.

Melainkan untuk memotivasi umat Islam agar senantiasa melakukan shalat berjamaah lima waktu di Masjid. Sekaligus menegaskan kesetaraan pahalanya dan sebagai alternatif kepada kita yang belum memungkinkan berangkat haji. Sehingga dengan melakukan amalan ini, kita yang belum mampu berhaji tidak berkecil hati.

Subhanallah, sungguh Allah Maha Pemurah lagi Penyayang. Ia selalu melimpahkan banyak pahala kepada hamba-Nya yang taat beribadah.

Loading...