Manakah Yang Lebih Utama: Istighfar Atau Tasbih?



Istighfar adalah ucapan atau tindakan memohon maaf atau ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala atas kesalahan dan dosa. Sedangkan tasbih adalah bacaan atau ucapan puji-pujian kepada Allah SWT. Lafadz-lafadz istighfar dan tasbih ini bermacam-macam dari yang pendek hingga panjang.

Manakah Yang Lebih Utama: Istighfar Atau Tasbih?


Mungkin ada yang bertanya, manakah yang lebih baik atau utama dibaca, antara istighfar atau tasbih?

Pertanyaan ini pernah diajukan oleh seseorang kepada imam Ibnu Al-Jauziy. Dan beliau menjawab dengan menggunakan ilustrasi seperti ini,”Pakaian yang kotor lebih membutuhkan sabun daripada minyak wangi” maksudnya, jika raga manusia diilustrasikan sebagai pakaian yang kotor (penuh dengan noda/dosa) maka istighfar lebih utama dilakukan untuk membersihkan noda tersebut baru kemudian menghiasinya dengan minyak wangi.

Kedua ucapan tersebut (istighfar dan tasbih) adalah kalimat mulia, Kita dianjurkan untuk selalu mengucapkannya sebanyak-banyaknya. Namun istighfar dianjurkan untuk terlebih dulu dibaca, mengingat tidak ada manusia yang terlepas dari perbuatan dosa. Baru kemudian diiringi dengan memperbanyak membaca tasbih.

Wallahu a’lam.


loading...