Inilah 5 Amalan Yang Semestinya Dikerjakan Orang Yang Sedang Sakit




Semua makhluk, tak terkecuali manusia pasti pernah merasakan sakit. Sekedar tidak enak badan, sakit ringan, atau sakit parah. Hanya beberapa menit, berhari-hari, bahkan ada yang sampai bertahun-tahun lamanya tidak kunjung sembuh. Karena sakit merupakan konsekuensi dari kurangnya diri menjaga kesehatan dan hampir pasti dialami, ada baiknya jika kita memahami hal ini dengan baik.

Inilah 5 Amalan Yang Semestinya Dikerjakan Orang Yang Sedang Sakit
Ilustrasi


Pasalnya, 5 amalan mulia ini kerap ditinggalkan oleh orang yang sakit. Entah karena ketidaktahuan atau karena hal lain.

1. Meyakininya Sebagai Sebuah Ujian

Ketika sedang mengalami sakit, yakinlah bahwa sakit tersebut merupakan satu dari sekian banyak ujian yang Allah Ta’ala berikan pada hambaNya. Sakit adalah satu episode yang menjadi bukti nyata, apakah kita percaya kepada-Nya atau sebaliknya.

Oleh karena itu, Yakinlah bahwa sakit adalah salah satu bentuk ujian. Dan yakinlah bahwa hanya Allah lah yang berkuasa memberi kesembuhan.

Dan jika aku sakit, Dialah (Allah) yang menyembuhkan.” (Qs. asy-Syu’ara’ [26]: 80)

2. Mengadu Hanya KepadaNya

Mengadu kepada sesama makhluk itu tercela. Tapi mengadu kepada sang Khalik, Allah Subhanahu wa Ta'ala Ta’ala merupakan kemuliaan. Bahkan sangat dianjurkan, sebab sebagai manusia kita membutuhkan pertolongan dari sang pencipta, Allah Ta’ala. karena tiada daya dan upaya, kecuali karena kekuatan dari-Nya.

Sungguh hanya kepada Allah-lah aku mengadukan segala kesusahan dan kesedihanku.” (Qs. Yusuf [12]: 86)

3. Sabar dan Tabah Menghadapi Sakit

Ketika sedang ditimpa sakit, Banyak yang tidak sabar menghadapinya. Mereka mengeluhkan banyak hal. Hal ini terjadi karena tak ada keyakinan bahwa sakit merupakan sebuah ujian. Padahal jika mampu bersabar, Allah Ta’ala menjanjikan pahala yang tiada batasnya.

Sungguh hanya orang-orang sabarlah yang dicukupkan pahalanya tanpa batas.” (Qs. az-Zumar [39]: 10)

4. Berdoa Dengan Sungguh-sungguh

Jangan sungkan-sungkan untuk memanjatkan doa kepada Zat yang Maha Mengabulkan doa. Sampaikanlah semua harapan dan keinginan hanya kepada-Nya. Bukan hanya doa agar diberi kesembuhan, namun juga doa terkait semua keperluan bahkan doa untuk keluarga, sahabat, dan kaum Muslimin secara umum.

Selain kalimat ‘bismillah’, ada doa-doa khusus yang bisa diamalkan ketika sakit. Salah satunya dengan membaca,

أعوذ بعزة الله وقدرته من شرما أجد وما أحاذر

Aku berlindung kepada Kemuliaan Allah dan Kekuasan-Nya dari keburukan yang aku temukan dan aku waspadai.” (Hadis Riwayat Imam Malik bin Anas dan Imam Abu Dawud) sambil memegang dan mengusap bagian tubuh yang sakit.

5. Yakin

Inilah amalan yang kerap dilupakan. Meyakini bahwa Allah Ta’ala pasti memberikan hikmah di balik sakit dan kesembuhan setelah sakit. Semua penyakit pasti ada obatnya. Dan Allah-lah sebaik-baik Zat yang Menyembuhkan.

Jika anda dikaruniai kesehatan, bersyukurlah. Jika ada kerabat atau teman yang sakit, sampaikan 5 amalan ini kepada mereka. Insya Allah, Anda berhak mendapatkan pahalanya. Aamiin.

Wallahu A’lam.





close ini