Buka Puasa Pertama, Hindarilah Makanan Ini!




Buka Puasa Pertama, Hindarilah Makanan Ini! │ Seringkali ketika bulan Ramadhan tiba, maka yang mendapatkan perhatian khusus adalah menu sahur. Memang sahur menjadi waktu untuk menyiapkan diri berpuasa seharian penuh. Sehingga nutrisi atau keragaman menu menjadi sangat penting.

Akan tetapi ternyata bukan sahur saja yang harus diperhatikan, melainkan menu atau makanan buka puasa pun menjadi hal yang harus diprioritaskan. Terlebih lagi kegiatan ini merupakan pengembalian kondisi setelah seharian berpuasa.

Buka Puasa Pertama, Hindarilah Makanan Ini!

Ada sejumlah anjuran untuk buka puasa pertama agar nantinya tidak mengganggu kesehatan ataupun ibadah lainnya. Salah satunya adalah anjuran yang datang dari juara MasterChef Indonesia Season 3, William Gozali yang menyarankan agar umat islam sebaiknya memilih menu buka puasa pertama yang tidak terlalu asam.

“Buka puasa pertama tidak boleh terlalu asam,” ungkapnya.

Alasannya tentu saja karena kondisi lambung ketika berpuasa awal masih dalam tahap penyesuaian. Oleh karenanya makanan yang dikonsumsi saat berbuka tidak boleh sembarangan.

Akan lebih baik bagi umat islam jika berbuka dengan yang manis, baik makanan maupun minuman dibandingkan mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam.

Makanan atau minuman yang manis juga akan membantu mengganti energi tubuh yang telah hilang setelah seharian berpuasa.

“Makanan manis itu cocok. Seharian puasa dan kita butuh kadar gula,” tambah William Gozali.

Baca Juga:


Demikian jenis makanan yang harus dihindari ketika buka puasa pertama. Akan lebih baik lagi jika bisa mengikuti sunnah Rasulullah dalam berbuka.

Wallahu A’lam






close ini