Ini Menu Makanan Sehat Untuk Sahur Dan Buka Puasa Menurut Ahli Medis




Ini Menu Makanan Sehat Untuk Sahur Dan Buka Puasa Menurut Ahli Medis
Ilustrasi
Ini Menu Makanan Sehat Untuk Sahur Dan Buka Puasa Menurut Ahli Medis

Mulai tanggal 6 Juni 2016 umat Islam, terutama di Indonesia akan melaksanakan ibadah puasa bulan Ramadhan. Berbagai aktivitas pun akan sedikitnya berubah, terlebih lagi dalam masalah waktu makan yang dialihkan ke dini hari dan sore menjelang malam.

Berpuasa di bulan Ramadhan memang membutuhkan stamina yang lebih karena seharian harus menahan lapar dan haus di tengah aktivitas yang cukup berat. Tentu seorang muslim membutuhkan nutrisi atau makanan yang sehat, baik saat sahur maupun saat berbuka puasa. Agar jangan sampai aktivitas berpuasa justru diisi dengan bermalas-malasan karena kurangnya nutrisi dalam tubuh.

Dilansir dari Alodokter, Dr Lili Dwiyani yang menjadi pengasuh rublik tentang makanan menjawab panjang lebar apa saja makanan yang sehat untuk dikonsumsi saat sahur ataupun berbuka puasa.

Ia menuturkan bahwa menu makanan di bulan Ramadhan sebenarnya sama saja dengan di bulan-bulan lainnya. Namun yang terpenting adalah menjaga keseimbangan nutrisi, baik itu berupa cairan maupun jenis makanan yang dikonsumsi.

Makanan Sehat Untuk Sahur

Sahur menjadi salah satu aktivitas mengisi perut di waktu sebelum fajar atau dini hari. Di dalamya tak hanya mampu menguatkan puasa seharian, namun juga terdapat keberkahan.

Adapun makanan sehat yang dianjurkan oleh ahli medis adalah makanan yang lambat untuk dicerna seperti makanan yang mengandung karbohidrat ataupun kaya serat seperti roti gandum, nasi, buah kering atau kacang yang diasinkan. Sementara untuk buahnya bisa menggunakan pisang atau apel.

Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Berbuka puasa merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat islam yang berpuasa karena kita dapat kembali makan dan minum setelah seharian menahan lapar dan haus. Karena itulah dokter menyarankan agar segera mengkonsumsi makanan yang memiliki asupan energi yang cepat.

Banyak yang menyarankan agar berbuka dengan yang manis. Akan tetapi sebaiknya jangan terlalu manis. Pilihlah buah kurma ataupun jus buah. Setelah beberapa saat, kita pun boleh mengkonsumsi makanan berat dengan pola yang seimbang seperti ada nasi, sayur, lauk dan buah.

Jangan lupa juga untuk tetap menjaga asupan cairan berupa air putih agar segera mengembalikan cairan tubuh yang telah hilang.

Sementara itu untuk jenis makanan yang perlu dihindari, jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan instant atau kalengan serta makanan yang digoreng karena hal tersebut bisa mengganggu pencernaan dan memang kurang baik bagi tubuh.

Baca Juga:


Demikian beberapa menu makanan sehat untuk sahur dan buka puasa menurut ahli medis. Jangan sampai bulan puasa ini menjadi semacam ajang untuk memakan segala, terutama ketika berbuka puasa. Karena sesungguhnya berpuasa merupakan sarana untuk menyehatkan tubuh.

Wallahu A’lam




loading...