Lima Cara Istiqomah Seorang Muslimah Dalam Islam




KabarMakkah.Com – Cara istiqomah seorang muslimah dalam beragama tidaklah mudah. Perlu ada perjuangan untuk menggapainya. Akan tetapi semua itu akan terbalaskan dengan kabar gembira dari Allah.

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan, “Rabb kami ialah Allah” kemudian mereka istiqomah dalam pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan) “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih, dan bergembiralah kamu dengan surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu.” (QS Fushilat 30)

Lima Cara Istiqomah Seorang Muslimah Dalam Islam

Surga yang Allah siapkan bukanlah gratis. Butuh sebuah perjuangan untuk tetap istiqomah dan yang namanya perjuangan akan ada pengorbanan. Tak hanya satu hari, namun bisa sepanjang hidupnya.

Meski sulit, bukan berarti hal itu tidak bisa diupayakan. Jika diniatkan dengan sungguh-sungguh, maka sikap istiqomah akan menjadi sebuah rutinitas yang terus dilakukan hingga akhirnya menjadi sebuah kebiasaan.

Lantas bagaimana cara istiqomah dalam ibadah dan kebaikan terutama bagi seorang muslimah?

1. Raih Kebaikan Secepat Mungkin

Ambil setiap kesempatan secepat mungkin untuk bisa berbuat kebaikan. Rebutlah kebaikan tersebut sebelum diambil oleh orang lain. Lakukan semua manfaat yang bisa kita berikan meski terlihat kecil dan jangan banyak berpikir tentang besar ataupun kecil balasan yang akan didapat.

Ketika mendapati sahabat atau saudara membutuhkan bantuan, tawarkanlah lebih dulu bantuan tersebut sebelum ia meminta. Pekalah pada setiap celah kebaikan sehingga akhirnya menjadi sebuah pembiasaan.

2. Rasakan Secara Visual Balasan Yang Akan Didapat

Balasan yang Allah beri tidaklah harus menunggu di akhirat saja, namun saat di dunia pun pelakunya akan merasakan baik atau buruk perbuatan yang telah ia lakukan. Karena itu biasakan untuk memvisualisasikan balasan yang akan didapat jika kita melakukan suatu kebaikan ataupun keburukan.

Jika perbuatan itu baik dan terlihat mendapat balasan yang baik, maka segeralah lakukan. Akan tetapi jika hal itu buruk dan dalam visualisasi akibatnya buruk, maka tinggalkanlah.

3. Bercermin Kepada Orang Lain Kala Berbuat Baik

Ketika kita berbuat baik, maka akan muncul rasa bangga akan perbuatan baik tersebut. Solusinya, lihatlah perbuatan baik orang lain yang lebih besar sehingga kita pun akan merasa bahwa kebaikan yang kita lakukan belum ada apa-apanya.

Melihat kebaikan orang lain pula akan menumbuhkan kompetisi untuk selalu bertbuat baik lebih banyak dari sebelumnya.

4. Pengorbanan Kita Bermanfaat Bagi Yang Lain

Mungkin kita pernah berpikir bahwa kebaikan yang kita lakukan tidak berarti ataupun tidak bermanfaat bagi orang lain. Bahkan setan akan membujuk rayu seorang yang berbuat baik agar mengurungkan niatnya dengan alasan takut mengganggu orang lain. Karenanya segera enyahkan pikiran tersebut dan sadari bahwa dalam diri kita ada hak orang lain yang mesti ditunaikan.

5. Senantiasa Berdoa Agar Dipemudah Berbuat Baik

Semua kebaikan yang telah kita lakukan ataupun orang lain lakukan sejatinya berasal dari Allah. Karenanya tidak pantas kita berbangga dengan kebaikan yang kita lakukan karena jika Allah tidak mengizinkan kebaikan tersebut menghampiri, maka kebaikan tersebut tidak akan terjadi.

Oleh karenanya, berdoalah agar Allah selalu memberikan kesempatan kepada kita untuk bisa berbuat baik. Kita pun berdoa agar Allah memampukan diri untuk selalu menebar kebaikan dimana pun dan kapan pun.

Itulah cara istiqomah seorang muslimah dalam beragama dan beribadah. Cara tersebut juga bisa diterapkan kepada kaum muslim laki-laki karena semua poin-poinnya bersifat universal.

Semoga bermanfaat





loading...

close ini