6 Janji Allah Untuk Rumah Tangga Yang Selalu Bertaubat




6 Janji Allah Untuk Rumah Tangga Yang Selalu Bertaubat │ Mengarungi bahtera pernikahan yang cukup lama menjadikan tujuan utama dari pernikahan yang telah dicanangkan sejak awal perlahan-lahan mulai memudar. Rumah tangga yang harusnya diisi dengan kebahagiaan lama kelamaan mulai muncul kebosanan dan tak jelas tujuan terutama tujuan kepada Allah Ta’ala.

Keangkuhan seringkali meluputkan tujuan dari pernikahan tersebut dan salah satu cara sederhana untuk bisa memperbaikinya adalah dengan menjadikan rumah tangga sebagai rumah tangga yang selalu bertaubat.

6 Janji Allah Untuk Rumah Tangga Yang Selalu Bertaubat

Pada akhirnya ketika keluarga yang kita bina telah mampu melakukannya, maka 6 janji Allah ini tidak akan diingkari oleh sang pemilik alam semesta.

1. Akan Dicintai Allah

Sesungguhnya siapa yang senantiasa bertaubat, baik itu individu, keluarga, masyarakat ataupun negara, maka Allah akan menjanjikan cintaNya melimpah kepada mereka. Sebuah cinta yang tanpa batas dan berlimpah ruah. Sebuah cinta yang tak hanya menyejukkan, namun juga tak ada tandingannya.

Allah Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS Al Baqarah 222)

2. Mendapat Ampunan Dosa

Saat cinta Allah telah didapatkan oleh seorang hamba, maka turut menyertainya pengampunan dosa. Sebuah pengampunan yang mampu melapangkan dada yang sesak karena dosa. Sebuah pengampunan yang mampu membahagiakan baik secara individu maupun keluarga.

Allah Ta’ala berfirman:

“Katakanlah, hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Az Zumar 53)

Karenanya, paksakan dengan penuh kesungguhan agar setiap anggota keluarga mau bertaubat dan memohon ampun kepada Allah yang Maha Penerima Taubat.

3. Allah Tutupi Aibnya

Tak ada diri yang tidak memiliki aib, entah itu suami, istri ataupun anak-anak. Ketika mereka berkumpul dalam satu naungan, maka aib mereka pun ikut terkumpul. Karenanya bagi mereka yang senantiasa bertaubat, maka mereka akan beruntung karena Allah menutupi aib mereka.

4. Allah Muliakan Dengan Surga

Tak ada yang bisa menggambarkan bagaimana rasanya berada dalam surga yang penuh dengan kenikmatan. Terlebih jika bisa masuk bersama dengan keluarga yang dicintai. Seperti inilah jaminan yang Allah beri bagi keluarga yang mengisi hari-harinya dengan bertaubat.

Allah Ta’ala berfrman:

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan, ‘Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.’” (QS. at-Tahrim 8)

Karenanya, jika menginginkan kehidupan surgawi bersama dengan keluarga di dalamnya, jangan enggan untuk bertaubat bersama kepada Allah.

5. Diberi Kebahagiaan

Keluarga yang senantiasa bertaubat akan tidak mudah menyalahkan orang lain. Ketika konflik terjadi, maka setiap anggota akan saling mengoreksi dan segera memperbaiki diri. Tidak ada kesalahan yang mereka tuntut dari yang lain, melainkan mereka sendirilah yang sibuk berkaca atas kesalahannya.

“Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal shalih, maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. al-Furqan 70)

6. Didoakan Malaikat

Kebahagiaan dalam keluarga sungguh akan semakin bertambah ketika makhluk yang suci dan tak pernah ingkar pada Rabbnya senantiasa mendoakan keluarga kita. Doa dari para malaikat yang besar kemungkinan akan dikabulkan oleh Allah.

Allah Ta’ala berfirman dalam Al Quran

“(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan), ‘Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu. Maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala.’” (QS al-Mu’min 7)

Karenanya, mari sama-sama kita saling mengingatkan antar anggota keluarga untuk memohon ampun atas kesalahan yang ada pada diri masing-msing. Selain itu lakukanlah muhasabah bersama-sama dan saling meminta maaf antar anggota sehingga Rahmat dan Ridho Allah pun senantiasa menaungi.