Turki Mencekam! Bom Meledak di Ankara, 28 Tewas dan Ratusan Luka-luka




Turki Mencekam! Bom Meledak di Ankara, 28 Tewas dan Ratusan Luka-luka akibat ledakan besar yang terjadi di samping sebuah kendaraan militer yang sedang lewat. Lokasi ledakan sangat dekat dengan kantor parlemen dan markas militer Turki.

Turki Mencekam! Bom Meledak di Ankara, 28 Tewas dan Ratusan Luka-luka
Bom mobil meledak di Ankara, Turki (Reuters)


“Dua puluh delapan orang tewas dan 61 ratusan luka-luka dalam ledakan tersebut,” ujar Wakil Perdana Menteri Turki Numan Kurtulmus seperti dilansir CNN, Kamis, 18 Februari 2016.

Gubernur Ankara Mehmet Kiliçlar mengatakan sebuah mobil penuh bahan peledak sengaja ditabrakkan ke iring-iringan tiga kendaraan militer dan kendaraan pribadi di pusat kota Ankara, dekat gedung-gedung parlemen Turki. Pihak militer menyebut tabrakan itu terjadi ketika konvoi kendaraan militer Turki berhenti di lampu lalu lintas. Demikian dilaporkan kantor berita Turki Anadolu.

Kiliçlar mengatakan pihak berwenang yakin kendaraan bermuatan bom menyebabkan ledakan.

Turki Mencekam! Bom Meledak di Ankara, 28 Tewas dan Ratusan Luka-luka
Tempat meledaknya Bom Ankara / samsunkenthaber.com


Video yang ditayangkan di CNN menunjukkan bagaimana kepulan asap dan api menjulang ke angkasa, pasca ledakan besar itu. Tempat kejadian perkara masih ditutup dari publik. Ambulans dan pemadam kebakaran hilir mudik di lokasi.

Dikutip dari BBC, asap tebal membumbung dan saksi mata mengatakan ledakan terdengar di seluruh kota. Wakil Perdana Menteri Turki Bekir Bozdag menyebutnya tindakan terorisme.

Kantor gubernur Ankara mengatakan ledakan disebabkan kendaraan yang penuh dengan bahan peledak. Ledakan dilakukan saat bus militer lewat. Sejumlah ambulans dan pemadam kebakaran telah meluncur ke lokasi.

Turki Mencekam! Bom Meledak di Ankara, 28 Tewas dan Ratusan Luka-luka
Korban Bom Turki


Turki mengalami sejumlah serangan baru-baru ini. Ada kekhawatiran negara itu menjadi target serangan besar lainnya. Turki memang kerap menjadi sasaran penyerangan kelompok militan Kurdi, PKK, dan ISIS.

Warga setempat mengatakan, suara ledakan bisa terdengar hingga ke beberapa wilayah di Ankara. “Kami masih mencari tahu soal ledakan ini,” kata Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu, seperti dilansir Media Turki Hurriyet Daily .

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab dalam serangan kali ini. Sebelumnya tahun lalu ledakan juga terjadi di Ankara, menewaskan lebih dari 100 orang dan melukai 400 lainnya.




loading...

close ini