Innalillahi, Nekat Kerja Di Sawah Meski Hujan Deras, Dua Lelaki di Demak Tersambar Petir

Diposting pada

Innalillahi, Dua orang lelaki di Demak, Jawa Tengah tersambar petir saat mengambil benih padi di sawah. Mereka nekat bekerja di bawah guyuran hujan deras dan tak menyangka maut mengintai melalui sambaran petir.

Peristiwa nahas itu bermula ketika Muklasin (50) warga Dukuh Gempol RT 4/2 Desa Jatirogo, Kecamatan Bonang, Demak, dan tetangganya Abdul Mukhid (55) tengah berada di sawah, tak jauh dari rumah mereka. Meski hujan deras disertai petir menyambar-nyambar, tak menyurutkan kedua petani itu.

“Ketika korban sedang mengambili benih padi, tiba-tiba petir menyambar. Muklasin langsung tersambar petir dan Mukhid terpental. Muklasin tewas di tempat, sedangkan Mukhid terkapar lemas di lokasi,” ujar Kabag Ops Polres Demak Kompol Sutomo, Kamis (30/11/2017).

Pada saat kejadian, sambung Sutomo, kedua korban sedang bekerja di sawah yang tak jauh dari rumah mereka.

Meski kondisi saat itu tengah hujan, keduanya tetap nekat mengambil bibit benih padi (daut) di sawah.

“Ketika korban sedang mengambili benih padi itu, tiba tersambar petir dan keduanya terpental. Salah seorang petani, tubuh bagian atas terdapat luka bakar akibat sambaran petir dan meninggal dunia di lokasi kejadian, sedangkan satunya berhasil selamat,” terangnya.

Tak berselang lama, warga lainnya melintas dan mendapati kedua korban tergeletak di lokasi. Kemudian, saksi meminta bantuan warga di sekitar lokasi untuk membawa korban ke rumah masing-masing. Sebagian warga melaporkan kejadian itu kepada perangkat desa dan polisi.

Tips Menghindari Petir

Petir sangat berbahaya jika menyambar tubuh manusia. Bukan hanya nyawa yang bisa melayang karenanya, ia juga bisa menghancurkan peralatan elektronik jika terkena sambarannya. Berikut adalah beberapa cara menghindari sambaran petir :

1. Saat Di Luar Ruangan

  • Cari tempat berlindung. Jangan berdiri di area terbuka atau lapangan karena petir justru akan menyambar anda. Carilah bangunan atau mobil dan masuklah ke dalamnya.
  • Jangan berlari ke tempat terbuka ketika ada petir, seperti lapangan atau ladang karena petir mencari lapisan tanah untuk melepaskan energinya.
  • Ketika mendengar petir yang menggelegar dan anda masih berada di air, misal kolam renang atau sungai, segerlah keluar. Air bisa menjadi sasaran empuk bagi petir untuk melepaskan energi.
  • Hindarilah berlindung di bawah pohon karena ini sangat berbahaya.jika pohon tersebut tersambar petir, energi petir tersebut bisa menuju ke tubuh anda.
  • Jauhi tiang atau menara yang tinggi dan mudah tersambar petir.
    Jangan terlalu dekat dengan orang lain. Jaga jarak minimal 4 meter agar tidak terjadi penyaluran energi.

2. Saat Didalam Ruangan

  • Matikan listrik ataupun barang elektronik yang masih tersalur ke listrik. Hal ini dilakukan untuk menghindari sambaran petir.
  • Jauhkan tubuh dari kontak listrik, karena petir akan menyambar sesuatu yang teraliri oleh listrik.
  • Tutup semua pintu taupun jendela dan menjauhlah dari lokasi tersebut.
  • Jika harus terpaksa menelpon, sebaiknya menggunakan handphone karena telepon rumah menggunakan aliran listrik yang bisa tersambar petir.
  • Gunakan alas kaki berbahan karet serta memakai pakaian kering agar terhindar dari sambaran petir.
    Jangan berinteraksi dengan benda-benda yang terbuat dari logam dan kayu karena sangat berbahaya.
Loading...