[Video] Makam Dibongkar, Jenazah Guru Ngaji dan Marbot Masih Utuh, Ternyata Ini Amal yang Dilakukannya

Diposting pada

Proses pembongkaran makam 130 jenazah di lokasi proyek Jalan Lingkar Dramaga (JLD) Bogor di Kampung Manggis, RT 03/04, Desa Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, menjadi heboh dan viral di sosial media.

Dari 130 jenazah yang hendak dipindahkan, 6 di antaranya diketahui masih utuh jasadnya. Padahal, jenazah tersebut sudah dikubur lebih dari 30 tahun. Jenazah yang masih utuh diketahui sebagai guru ngaji dan marbot masjid.

Mereka adalah Mbah Mukri, Mbah Rozak, Iyos, Isah, Cacih dan Nami. ketika pemakaman mereka digali, warga yang melihat di tempat kejadian kaget melihat tak ada bagian tubuhnya yang hilang.

Mbah Mukri sendiri diketahui meninggal di usia 70 tahun. Sewaktu hidup, Mbah Mukri dikenal sebagai guru ngaji. Ia tak pernah mengutip bayaran saat mengajar anak-anak mengaji. Dia juga dikenal ramah dan baik kepada tetangga dan orang sekitar.

“Subhanallah, Allah Maha Adil, Semoga kita juga bisa emninggal demikian” kata salah satu tokoh masyarakat Kampung Manggis, Desa Dramaga, Mustofa (68), Rabu (12/7/2017).

Sekretaris Desa Dramaga, Salahuddin mengungkapkan, salah satu kuburan yang masih utuh jenazahnya adalah Mbah Rozak. Dia merupakan marbot masjid.

“Dia seorang ahli ibadah yang betul-betul ikhlas dalam beribadah, sehingga Allah menjaga jasadnya meski puluhan tahun dikubur, Subhanallah,” ucap Solahuddin.

Berikut video pembongkaran makam di Bogor.


Loading...