Sedekah 6 Roti Untuk Peserta Aksi 212, Pedagang Ini Dibalas Allah Duit Satu Juta!

Diposting pada

Berjuang di jalan Allah Subhanallahu wa ta’ ala terkadang balasannya memang sulit untuk dicerna oleh akal sehat. Balasannya bisa berkali-kali lipat bahkan tak terhingga.

Sedekah 6 Roti Untuk Peserta Aksi 212, Pedagang Ini Dibalas Allah Duit Satu Juta!

Kisah nyata yang menceritakan tentang balasan berkali-kali lipat itu juga terjadi pada kesaksian beberapa peserta Aksi Damai yang berjuang untuk menegakkan kalimat Allah di muka bumi. Salah satunya adalah Pak Maksum, penjual roti yang kebetulan berada di monas saat aksi 212 dilaksanakan.

Ada seorang peserta Aksi Damai 212 bertanya kepada Pak Maksum yang menuliskan kalimat “Gratis untuk Mujahid” di gerobak putihnya.

Peserta aksi itu pun bertanya kepada pak Maksum, “Pak, nggak takut rugi nih?”

Pak Maksum yang berbaju biru dan bertopi mendadak sesenggukan. Ia menangis berurai airmata.

“Tadi saya baru sedekah 6 roti, Bang. Terus ada ibu-ibu masukin duit sejuta begitu saja ke dalam gerobak,” kata Pak Maksum.

Lalu ia melanjutkan, “Saya panggil ibu tersebut dia malahan kabur. Baru kali ini, Seumur hidup saya jualan roti, baru sekali ini lihat duit sejuta!”

Peserta aksi pun merasa terharu mendengar penjelasan Pak Maksum. Seorang ustadz yang ada di sampingnya hanya tersenyum.

Mendengar kisah tersebut, KH. Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym berkomentar, “Silakan ditafakuri. Inilah balasan berjuang di jalan Allah,”

Tentang jual beli dengan Allah pun telah dijelaskan dalam berbagai firmanNya,

“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh.  janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Qur’an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya  daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar. (QS. At Taubah : 111)

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah 261)

“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al Baqarah 195)

Loading...