Tips Menghafal Al Qur’an Bagi Ibu Rumah Tangga Yang Mudah Dilakukan




Menjadi ibu rumah tangga merupakan sebuah pekerjaan yang mulia bagi seorang wanita. Tak hanya berpahala, namun hal tersebut akan membuat rumah tangga menjadi seimbang dan selalu dalam keridhoan Allah Ta’ala.

Namun menjadi ibu rumah tangga bukanlah pekerjaan yang mudah. Hampir setiap waktu disibukkan dengan berbagai aktivitas seperti mengurus keluarga dan bersih-bersih. Padahal seorang ibu rumah tangga pun dalam nuraninya memiliki keinginan untuk bisa mendekatkan diri dengan Al Qur’an.

Tips Menghafal Al Qur’an Bagi Ibu Rumah Tangga Yang Mudah Dilakukan

Selain bermanfaat untuk diri sendiri, tentunya hal tersebut nantinya bisa menular kepada anak-anak sehingga menjadi pribadi yang sholeh dan sholehah. Salah satunya adalah aktivitas menghafal Qur’an dimana kegiatan ini terkadang memerlukan waktu luang dan ketenangan.

Lantas bagaimanakah cara untuk menghafal Al Qur’an bagi ibu rumah tangga yang kadang penuh kesibukan?

1. Niatkan Untuk Menjadi Seorang Hafidz Dengan Sangat Kuat

Niat menjadi faktor terpenting seseorang dalam beramal. Jika niatnya setengah-setengah maka hasilnya pun tidak mampu diharapkan. Karenanya niatkanlah dengan kuat dan ikhlas karena Allah Ta’ala.

“Siapa yang membaca Al Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahayanya seperti cahaya matahari dan kedua orangtuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan) yang tidak pernah didapatkan di dunia. keduanya bertanya, “Mengapa kami dipakaikan jubah ini?” Dijawab, “Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al Qur’an.” (HR Al Hakim).

2. Menentukan Target Yang Realistis

Aktivitas yang padat memang membuat seorang ibu rumah tangga tak mampu maksimal atau cepat untuk bisa menghafal Al Qur’an secara keseluruhan. Karenanya tentukan target yang realistis dan tidak terlampau tinggi. Tujuannya tentu saja agar kegiatan menghafal menjadi menyenangkan dan tidak menjadi beban. Jangan sampai niat menghafal justru berakhir dengan kemalasan lantaran target yang terlalu tinggi.

3. Rutinkan Menghafal Minimal 2 Ayat Perhari

Tak seperti anak-anak ataupun para remaja yang memiliki waktu luang, seorang ibu rumah tangga perlu sadar diri, terutama dalam menghafal Al Qur’an. Tambahkanlah hafalan minimal 2 ayat saja setiap harinya. Selain memudahkan saat menghafal, hal tersebut juga akan mudah untuk diingat.

4. Carilah Waktu Yang Paling Efektif Untuk Menghafal

Rutinitas mengurus rumah tangga terkadang ada saat waktu luang meski hanya sedikit. Contohnya seperti ketika baru bangun tidur dan sebelum anak terbangun. Waktu tersebut bisa digunakan untuk menghafal beberapa ayat Al Qur’an. Waktu siang pun bisa diselingi hafalan Qur’an yang masih belum lancar. Dan ketika malam hari, seorang ibu bisa kembali mengulang hafalannya tadi pagi dan hari-hari sebelumnya.

5. Ikut Dalam Komunitas Menghafal Qur’an

Ibu rumah tangga yang mendapatkan izin keluar rumah oleh suami bisa memanfaatkan izin tersebut untuk bergabung dengan komunitas penghafal Qur’an. Jika pun tidak, maka bisa mengikuti komunitas online yang salah satunya adalah komunitas ODOL atau One Day One line (satu hari satu baris). Dengan ikut dalam komunitas bisa menambah semangat menghafal dan bisa terus mendisiplinkan diri.

6. Senantiasa Berdoa Agar Diberi Kemudahan Dan Dikuatkan Dalam Menghafal

Al Qur’an merupakan kitab Allah yang senantiasa dijaga dan dimudahkan-Nya. Maka berdoalah kepada Allah agar dimudahkan dalam menghafal.

Allah Ta’ala berfirman:

“Dan sesungguhnya telah kami mudahkan Al Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS Al Qamar 17)

Baca Juga:


Semoga para ibu rumah tangga diberi kemudahan dalam menghafal Al Qur’an. Aamiin





loading...

close ini