Aplikasi Al Qur’an Digital Milik Kemenag Akan Segera Rilis, Ini Tanggal Pastinya




Aplikasi Al Qur’an Digital Milik Kemenag Akan Segera Rilis, Ini Tanggal Pastinya

Aplikasi Al Qur’an Digital Milik Kemenag Akan Segera Rilis, Ini Tanggal Pastinya

Kementerian Agama dikabarkan akan merilis sebuah aplikasi Al Qur’an digital yang kini proses pengembangannya telah selesai dikerjakan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al Qur’an Kemenag.

Dilansir dari Dream (16/8/2016) bahwa proses peluncuran aplikasi Al Qur’an digital versi Kemenag akan dirilis akhir bulan ini yang bertepatan juga dengan Seminar Internasional Alqur’an. Hal ini dituturkan oleh Kepala Lajnah Pentashihan mushaf Al Qur’an, Muchlis Muhammad Hanafi melalui sambungan telepon.

“Insya Allah tanggal 30 Agustus bersamaan dengan Seminar Internasional Alquran,” ucapnya.

Lamanya peluncuran tersebut dikarenakan ada beberapa tahapan yang harus dilalui dengan cukup panjang. Tak hanya berupa teknis, namun juga sejumlah masalah yang berkaitan dengan perlakuan terhadap Al Qur’an digital.

“Al Qur’an digital ini perlu diskusi panjang antara kyai-kyai kita dengan umaroh. Sebab ada yang menyatakan Alquran di handphone ini agak ini ya (kurang),” ucap Syafrizal selaku Pelaksana Tugas Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenag.

Meski demikian pihaknya kini telah berhasil menyelesaikan permasalahan tersebut lantaran para ulama telah sepakat bahwa Al qur’an yang berbentuk digital tidak dikatakan sebagai mushaf. Dengan kata lain boleh dibawa kemana saja seperti ke toilet misalnya.

“Selama aplikasi sistem ini berada di dalam handphone, itu tidak bisa disebut mushaf Al qur’an. Oleh sebab itu, boleh-boleh saja dibawa kedalam toilet karena handphone itu bukan Alqur’an,” tuturnya.

Namun yang masih menjadi perdebatan adalah tentang nada dering Al Qur’an karena memiliki kesamaan dengan seseorang yang membaca Al Qur’an jika dilihat dari hukum agama.

“Alqur’an itu kan ada dalam bentuk suara, bunyi dan mushaf. Nah, ringtone itu kan kalau berbunyi surat Al Qur’an, tidak elok jika terdengar di tempat yang tidak suci,” pungkasnya.

Baca Juga: