Suami 'Dayyuts' Seperti Ini, Allah Haramkan Masuk Surga!




Salah satu tipe suami yang haram masuk surga adalah mereka para suami yang tidak peduli dengan istri dan anak-anak mereka. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyebut suami tipe ini dengan nama  'Dayyuts' yaitu Lelaki yang tidak memiliki rasa cemburu.

Suami 'Dayyuts' Seperti Ini, Allah Haramkan Masuk Surga!


"Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga yaitu: pecandu khamar, orang yang durhaka pada orang tua, dan orang yang tidak memiliki sifat cemburu yang menyetujui perkara keji pada keluarganya." (HR. Ahmad)

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar, Rasulullah bersabda:

"Ada tiga golongan manusia yang tidak akan dilihat oleh Allah (dengan pandangan kasih sayang) pada hari kiamat nanti, yaitu: orang yang durhaka kepada kedua orangtuanya, perempuan yang menyerupai laki-laki, dan ad-dayyuts.." (HR. An-Nasa-i dan Ahmad)

Arti Dayyuts dalam bahasa Arab sendiri sebagaimana disebutkan dalam Al Mu’jam Al Wasith adalah para lelaki yang menjadi pemimpin untuk keluarganya namun dia tidak punya rasa cemburu dan tidak punya rasa malu, membiarkan istri dan anaknya melakukan maksiat tanpa mau mengingatkan.

Selain tidak pernah memiliki perasaan cemburu terhadap istrinya, terkadang seorang suami tipe dayyuts ini juga tidak keberatan ketika sang istri mencoba menarik perhatian dari laki-laki lain atau bahkan digoda oleh laki-laki lain.

Berikut adalah beberapa contoh Suami 'Dayyuts' yang diharamkan masuk surga,

1- Membiarkan anak gadisnya atau istrinya berhubungan via telepon, sosmed atau SMS dengan laki-laki yang bukan mahram. Mereka saling berbincang mesra dan hangat, padahal tidak halal.

2- Merelakan anak perempuan atau istrinya perempuan ber-khalwat –berdua-duaan- dengan laki-laki yang bukan mahram.

3- Membiarkan anggota keluarga perempuan mengendarai mobil sendirian bersama laki-laki bukan mahram, misalnya sopirnya.

4- Merelakan istri atau anaknya keluar rumah tanpa menggunakan hijab atau jilbab syar’i, sehingga lelaki lain bisa memandangnya dengan leluasa, ditambah parahnya menggunakan pakaian ketat yang bisa menggoda setiap lelaki yang melihatnya.

5- Seorang ayah yang mengizinkan putrinya untuk berpacaran, maka orang-orang akan mengatakan bahwa ia adalah ayah yang bijaksana. Padahal semestinya, seorang ayah merasa cemburu apabila melihat anaknya jatuh dalam dosa, apalagi perbuatan zina dengan berpacaran.

6- Mendatangkan film, bacaan atau semisalnya yang bisa menyebabkan kerusakan dan kemesuman ke dalam rumah.

Seorang istri dan anak perempuan, ibarat tulang rusuk. Jika dibiarkan, ia akan tetap bengkok. Namun jika terlalu keras dalam meluruskannya, ia akan patah. Maka dari itu diperlukan seorang lelaki sebagai pembimbing bagi wanita, agar wanita tetap dialam koridor-Nya. Dan suami dayyuts tentunya tak akan bisa membimbing anak istri menuju jannah-Nya.

Wahai saudaraku dan saudariku yang kucintai karena Allah, jagalah diri kalian, keluarga kalian dan seluruh saudara kalian. Kita memang tidak luput dari dosa, karena itu, alangkah indahnya jika kita senantiasa saling menasehati. Inilah wujud cinta kami pada saudara kami yang lain agar bisa meraih ridhoNya.

Baca Juga:




Semoga Allah menyelamatkan kita –para suami- dari sifat dayyuts. Hanya Allah yang memberi taufik dan hidayah.