Ucapan Idul Fitri Yang Benar, Kata Kata Menjelang Lebaran Menyambut Hari Raya

Ucapan Idul Fitri Yang Benar, Kata Kata Menjelang Lebaran Menyambut Hari Raya

Ucapan idul fitri yang benar sesuai sunnah ini seharusnya diperhatikan bagi Anda yang ingin mengirimkan ucapan atau Kata Kata Menjelang Lebaran Menyambut Hari Raya Idul Fitri 2019.

Sebentar lagi insya Allah kita akan menyambut hari kemenangan, yakni Hari Raya Lebaran Idul Fitri 2019, Semua Umat Islam berbahagia di hari tersebut karena di hari itu mereka saling bergembira, saling memaaafkan satu dengan yang lainnya.

Sudah menjadi kebiasaan sebelum ramadhan berakhir maka mereka akan mencari kata kata atau ucapan yang pas untuk meminta maaf, baik secara lisan maupun tulisan.

Lalu adakah Ucapan Idul Fitri Yang Benar dan sesuai dengan sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah?

Ucapan Idul Fitri Yang Benar Menjelang Lebaran Menyambut Hari Raya

Perlu diketahui bahwa terdapat berbagai sunnah yang diriwayatkan dari beberapa sahabat, bahwa mereka mengucapkan selamat di hari raya di antara mereka dengan ucapan “Taqabbalallahu minna wa minkum” (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah berjumpa dengan hari Idul Fitri, satu sama lain saling mengucapkan, “Taqabbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” Al Hafidz mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.

Imam Ahmad berkata,

“Tidak mengapa (artinya: boleh-boleh saja) satu sama lain di hari raya idul fitri mengucapkan: Taqabbalallahu minna wa minka”.

Harab mengatakan, “Imam Ahmad pernah ditanya terkait apa yang harus diucapkan di hari raya Idul Fitri, apakah dengan ucapan, ‘Taqabbalallahu minna wa minkum’?” Imam Ahmad menjawab, “Tidak mengapa mengucapkan seperti itu.” Kisah tadi diriwayatkan oleh penduduk Syam dari Abu Umamah.

Loading...

Ibnu ‘Aqil menceritakan beberapa hadits mengenai ucapan selamat di hari raya idul fitri. Di antara hadits tersebut adalah dari Ibnu Ziyad, ia berkata, “Aku pernah bersama Abu Umamah dan sahabat Nabi lainnya. Jika mereka kembali dari shalat idul fitri, satu sama lain di antara mereka mengucapkan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka

Hukum mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 2019

Syekh Muhammad bin Shaleh pernah ditanya, “Apa hukum mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri? Lalu adakah ucapan tertentu Menjelang Lebaran Menyambut Hari Raya?”

Beliau menjawab, “Ucapan selamat ketika hari raya idul fitri dibolehkan. Tidak ada ucapan tertentu saat itu. Apa yang biasa diucapkan manusia dibolehkan selama di dalamnya tidak mengandung kesalahan (dosa).”

“Perbuatan itu semua dibolehkan. Karena orang-orang tidaklah menjadikannya sebagai ibadah dan bentuk pendekatan diri pada Allah. Ini dilakukan hanya dalam rangka adat (kebiasaan), memuliakan dan penghormatan. Selama itu hanya adat (kebiasaan) yang tak ada dalil melarangnya, maka hukum asalnya boleh. Sebagaimana para ulama berkata, ‘Hukum asal segala sesuatu adalah mubah”

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa mengucapkan kata kata selamat hari raya itu diperbolehkan, bisa dengan ucapan “Selamat Hari Raya Idul Fitri”, “Taqobbalallahu minna wa minkum” ataupun dengan ucapan Minal Aidin Wal Faizin.

Wallahu A’lam.

Baca Juga:

Loading...
Ayo Bagikan Info Ini