Di Bulan Ramadhan, PT Pelni Adakan Pesantren Kilat Diatas Kapal




Di Bulan Ramadhan, PT Pelni Adakan Pesantren Kilat Diatas Kapal

Di Bulan Ramadhan, PT Pelni Adakan Pesantren Kilat Diatas Kapal

Bulan Ramadhan seringkali digunakan sebagai waktu yang tepat untuk mengadakan pendidikan agama yang lebih banyak dan intensif bagi pelajar maupun anak-anak. Berbagai sekolah dan lembaga pendidikan pun memanfaatkan momen Ramadhan ini dengan mengadakan pesantren kilat yang biasanya berlangsung tak kurang dari satu minggu.

Hal ini pun memberikan sebuah ide bagi PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni untuk mengadakan pesantren kilat namun di tempat yang tidak umum. Mereka mengadakan pendidikan agama tersebut di sebuah kapal KM Dorolonda rute Tanjung Priok – Tanjung Pinang (Kepulauan Riau) dan dilaksanakan pada tanggal 22 hingga 25 Juni 2016 mendatang.

Adapun peserta pesantren kilat tersebut adalah anak-anak yang berada pada usia 10 hingga 15 tahun.
Akhmad Sujadi selaku Manager Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan Pelni mengatakan bahwa di dalam pesantren kilat yang berlayar tersebut, mereka akan dibekali kelas membaca Al Qur’an yang dibimbing oleh Quran Learning Center (QLC) Kids Fun Learning Quran.

Tak hanya mendapatkan bimbingan belajar Al Qur’an yang menyenangkan dari para dai dan guru Al Qur’an, anak-anak pun akan dihibur dengan Dai Sulap dan Dai Komedi sehingga membuat suasana berlayar menjadi menyenangkan.

PT Pelni berharap agar anak-anak nantinya bisa merasakan kegembiraan dalam mengikuti aktivitas belajar di atas kapal tersebut. Selain itu anak-anak juga akan dikenalkan mengenai seluk beluk kapal dengan cara mengajak mereka untuk berkeliling kapal.

Program ini pun menjadi semacam pengenalan bagi masyarakat yang ada di Pulau Jawa akan transportasi laut dimana mereka lebih banyak mengenal transportasi darat saja seperti kereta api, bus ataupun mobil.

Nantinya diharapkan generasi mendatang akan lebih memanfaatkan transportasi laut sebagai bagian dari alternatif masyarakat untuk menuju suatu lokasi di luar pulau.

Baca Juga:






close ini