Jokowi Minta Rakyat Lebih Aktif Mengkritik dan Memberi Masukan

Jokowi Minta Rakyat Lebih Aktif Mengkritik dan Memberi Masukan

Jokowi Minta Rakyat Lebih Aktif Mengkritik dan Memberi Masukan



Presiden Joko Widodo meminta seluruh rakyat Indonesia untuk lebih aktif dalam memberi masukan dan kritik pada pemerintah. 


Hal ini, kata Jokowi, adalah bagian dari proses untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik.


"Masyarakat harus lebih aktif menyampaikan kritik masukan ataupun potensi maladministrasi dan para penyelenggara pelayanan publik juga harus terus meningkatkan upaya-upaya perbaikan perbaikan," kata Jokowi saat memberi sambutan di Laporan Akhir Tahun Ombudsman RI, Senin, 8 Februari 2021.


Kritik dan masukan, salah satunya bisa dilakukan lewat Ombudsman RI. Jokowi menyadari banyak hal yang sudah dicapai dan namun juga banyak hal yang perlu kita perbaiki. Ia meyakini Ombudsman telah menemukan berbagai kekurangan yang perlu diperbaiki pemerintah. 


"Catatan ini sangat penting untuk mendorong peningkatan standar kualitas pelayanan publik di masa yang akan datang," kata Jokowi.


Presiden menyatakan di tengah pandemi ini penyelenggara pelayanan publik telah dipaksa untuk bertransformasi. 


Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, kata dia, harus didasari kesadaran yang sama bahwa bekerja dalam situasi krisis yang membutuhkan cara-cara yang inovatif dan memberi terobosan-terobosan.


Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, Jokowi menyebut, masyarakat harus mendapat pelayanan yang cepat dan efektif. 


Sehingga masyarakat terdampak bukan hanya mendapatkan penanganan yang cepat di bidang kesehatan tetapi juga mendapat perlindungan dan bantuan yang juga cepat dari negara.


"Karena itu, saya selalu menekankan bahwa dalam situasi krisis kita harus mampu mengubah frekuensi kita, dari frekuensi yang normal ke frekuensi yang extraordinary. Cara kerja yang berubah dari cara kerja yang rutinitas menjadi cara kerja yang inovatif dan selalu mencari smart shortcut," kata Jokowi.


Untuk mencapai ini, Jokowi mengatakan diperlukan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat dan juga memerlukan pengawasan dari Ombudsman Republik Indonesia. 


"Baik berupa input, baik berupa kritik dan dukungan agar pelayanan publik di negara kita semakin berkualitas," kata Jokowi.

Next article Next Post
Previous article Previous Post