Sabar Ya! Token Listrik Gratis Bisa Diakses Lewat WA Mulai 6 April Besok

Sabar Ya! Token Listrik Gratis Bisa Diakses Lewat WA Mulai 6 April Besok

author photo
Sabar Ya! Token Listrik Gratis Bisa Diakses Lewat WA Mulai 6 April Besok


Program listrik gratis yang direncanakan oleh Pemerintah demi membantu ekonomi rakyat miskin akibat virus corona ternyata belum berjalan lancar.

Pelanggan listrik prabayar atau token yang mengeluhkan susahnya mengakses nomor WA (Whatsapp) PLN, untuk mendapatkan token listrik gratis.

Berbeda dengan pelanggan listrik 450 VA pascabayar yang akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni, pelanggan listrik prabayar harus mengirimkan nomor ID Pelanggan melalui WA ke nomor 08122-123-123 milik PLN. Hal itu juga bisa dilakukan melalui website PLN www.pln.co.id.

Tapi website PLN sempat error tak bisa diakses. Demikian juga nomor WA tak merespons pesan yang dikirim pelanggan PLN. Hal ini banyak dikeluhkan para pelanggan PLN. Uji coba yang dilakukan kumparan pada Jumat (2/4) pagi, mendapati pengalaman yang sama.

Menanggapi kejadian tersebut, Wakil Dirut PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan bahwa pelayanan pembagian token listrik gratis bagi pelanggan prabayar (token) golongan 450 Volt Ampere (VA) dan diskon bagi golongan 900 VA subsidi melalui aplikasi WhatsApp dapat diakses mulai Senin (6/4/2020).

“Nomor WhatsApp 08122123123 Insya Allah nanti akan bisa berjalan mulai hari Senin,” kata Darmawan melalui siaran langsung, Jumat (3/4/3030).

Darmawan menuturkan, saat ini layanan tersebut sedang dalam perbaikan.

Menurutnya, server untuk layanan tersebut sedang ditingkatkan WhatsApp agar dapat melayani traffic tinggi nantinya. “Untuk nomor WA memang hari ini kami mendapat laporan sedikit ada bermasalah, bukan dari pihak PLN-nya tetapi dari pihak WA-nya yang sedang meng-upgrade server-nya karena memang traffic-nya akan sangat tinggi,” ujar dia.

Pemerintah membebaskan serta memberi diskon tarif listrik sebagai bantuan di tengah pandemi Covid-19. Pemerintah membebaskan biaya listrik bagi pelanggan golongan 450 VA. Sementara itu, bagi pelanggan PLN dengan daya 900 VA subsidi, pemerintah memberi diskon tarif listrik sebesar 50 persen.

Pembebasan tarif serta diskon tersebut berlaku selama tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni 2020 (program listrik gratis 3 bulan). Jika layanan melalui WhatsApp sudah berjalan, pelanggan dapat memperoleh token dengan mengirim nomor ID pelanggan ke nomor 08122-123-123.

Baca Juga: Cara Ambil Token Listrik Gratis Via WA dan Website Resmi PLN
Next article Next Post
Previous article Previous Post