Jadwal Lengkap Siaran TVRI Belajar dari Rumah Senin-Minggu, Paud Sampai SMA, Simak Baik-baik!

Jadwal Lengkap Siaran TVRI Belajar dari Rumah Senin-Minggu, Paud Sampai SMA, Simak Baik-baik!

author photo
Jadwal Lengkap Siaran TVRI Belajar dari Rumah Senin-Minggu, Paud Sampai SMA, Simak Baik-baik!


Simak jadwal lengkap siaran TVRI program Belajar dari Rumah setiap hari Senin-Minggu untuk siswa PAUD TK SD SMP SMA.

Program ini merupakan kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim di tengah wabah pandemi Virus Corona atau covid-19.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim telah mengumumkan program Belajar dari Rumah lewat TVRI untuk anak-anak sekolah.

Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI ini mulai diberlakukan pada Senin (13/4/2020) pagi.

Masyarakat baik orangtua maupun anak-anak dari segala jenjang pendidikan bisa menikmati tayangan-tayangan edukatif untuk selama berada di rumah.

"Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat covid-19," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim pada telekonferensi peluncuran program Belajar dari Rumah di Jakarta, pada Kamis (9/4/2020).

Nadiem Makarim menjelaskan konten pembelajaran dalam program Belajar dari Rumah akan fokus pada literasi, numerasi, dan penumbuhan budi pekerti atau pendidikan karakter.

Program Belajar dari Rumah bisa dinikmati oleh anak-anak dari tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, hingga dewasa.

Sementara, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar menuturkan, pada akhir pekan, yakni pada Sabtu dan Minggu, ada durasi tiga jam khusus untuk program kebudayaan, antara lain gelar wicara (talkshow), podcast, kesenian, dan magazine tentang perkembangan budaya dari seluruh Indonesia.

Kemudian di malam hari akan ada pemutaran film Indonesia dengan pilihan berbagai genre, seperti film anak, drama, dan dokumenter.

Ia mengatakan, Kemendikbud akan menyiapkan 720 episode untuk penayangan program Belajar dari Rumah selama 90 hari di TVRI.

Saat ini Kemendikbud sudah menyiapkan tayangan untuk dua minggu pertama, sambil memproduksi untuk tayangan di minggu-minggu berikutnya.

Alasan di balik Belajar dari Rumah


Mendikbud Nadiem Makarim mengungkapkan alasan di balik kehadiran program Belajar dari Rumah di TVRI.

Menurutnya, program ini untuk membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan pada akses internet, baik karena tantangan ekonomi maupun letak geografis.

Ia mengatakan program Belajar dari Rumah ini dapat memperluas akses layanan pendidikan bagi masyarakat di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) yang memiliki keterbatasan akses internet maupun keterbatasan ekonomi.

"Program ini merupakan respon cepat atas komplen, baik juga masukan dari komisi X. Hal ini sesuai dengan Merdeka Belajar," ujar Nadiem Makarim.

Nadiem menjelaskan, Kemendikbud juga menyadari banyak sekolah-sekolah yang tak punya akses internet untuk belajar.

Dari literasi sampai pendidikan karakter Mendikbud Nadiem menjelaskan konten pembelajaran dalam program Belajar dari Rumah akan fokus pada literasi, numerasi, dan penumbuhan budi pekerti atau pendidikan karakter.

Kemendikbud juga akan melakukan monitoring dan evaluasi bersama lembaga pemerintah yang independen untuk mengkaji kualitas program Belajar dari Rumah, seperti mengukur apakah manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Mendikbud juga menuturkan, gotong rotong menjadi kunci dalam memfasilitasi anak bangsa untuk mendapatkan akses pendidikan.

Karena itu Kemendikbud terbuka untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam hal pembelajaran, seperti membuat konten edukatif, edutainment, atau platform teknologi, baik dengan mitra yang berada di Indonesia maupun mancanegara.

Dari talkshow sampai pemutaran film Nadiem Makarim menjelaskan, materi program Belajar dari Rumah diambil dari berbagai sumber.

Sebagian besar sudah diproduksi Kemendikbud sebelumnya, seperti dari TV Edukasi atau produksi konten unit kerja lain.

Ada juga sumber materi dari luar Kemendikbud, yakni Jalan Sesama untuk jenjang PAUD.

Berikut pembagian jam tayang untuk program Belajar dari Rumah di TVRI setiap harinya.

Senin - Jumat


08.00 - 08.30 WIB - Program untuk PAUD

08.30 - 09.00 WIB - Program untuk Kelas 1-3

10.00 - 10.30 WIB - Program untuk Kelas 4-6

10.30 - 11.00 WIB - Program untuk jenjang SMP

14.00 - 14.30 WIB - Program untuk jenjang SMA

14.30 - 15.00 WIB - Program Pengasuhan dan Pendidikan Anak

19.00 - 23.30 WIB - Film Terbaik Indonesia

Sabtu - Minggu


08.00 -23.00 WIB - Tayangan Kebudayaan dan Film Terbaik Indonesia.

Demikianlah Jadwal Lengkap Siaran TVRI Belajar dari Rumah Senin-Minggu, Paud Sampai SMA. Semoga dengan berita ini Anda semua yang masih mempunyai anak yang belajar di bangku sekolah tidak melewatkan siarannya.

Jangan lupa share ke teman teman atau saudara yang lain agar mereka juga idak ketinggalan, Terima kasih.
Next article Next Post
Previous article Previous Post