Warganet Kaget Dengan Suara Gunung Krakatau Meletus, PVMBG: Itu Bukan Krakatau Tapi Suara Petir

Warganet Kaget Dengan Suara Gunung Krakatau Meletus, PVMBG: Itu Bukan Krakatau Tapi Suara Petir

Warganet Kaget Dengan Suara Gunung Krakatau Meletus, PVMBG Bilang Itu Bukan Krakatau Tapi Suara Petir


Para pengguna jejaring sosial yang berlokasi di Jakarta, Depok hingga Jawa Barat, dihebohkan dengan suara dentuman keras yang diduga berasal dari Gunung Krakatau yang terjadi pada Sabtu (11/4/2020) dini hari tadi.

Sejumlah netizen melaporkan ada suara dentuman keras yang membuat jendela dan pintu rumah bergetar.

Suara dentuman tersebut terdengar oleh netizen yang tinggal di Jakarta, Depok, Bogor hingga Kuningan, Jawa Barat.

“Saya di Kabupaten Bogor masih mendengar suara dentuman itu. Apa ada kaitan dengan erupsi Gunung Anak Krakatau?” kata seorang netizen bernama Rahmat lewat cuitan kepada akun @BNPB_Indonesia pada Sabtu, 11 April 2020.

Dentuman yang diduga letusan Gunung Anak Krakatau disebut-sebut terdengar hingga wilayah Depok, Jawa Barat.

Aris (33) mengaku mendengar suara dentuman yang diperkirakan berasal dari letusan Gunung Anak Krakatau hingga pukul 02.00 WIB.

"Letusan Gunung Anak Krakatau jelas banget suaranya ini sampai Depok," kata Aris, Sabtu (11/4/2020).

Netizen lainnya yang menggunakan nama Wu meminta akun @BNPB_Indonesia untuk menjelaskan penyebab suara dentuman yang terdengar.

Bahkan sebelumnya, warganet juga ramai membahas suara dentuman di media sosial yang mereka duga ada hubungannya dengan erupsi Gunung Anak Krakatau tersebut.

"Suara erupsi Gunung Anak Krakatau kedengeran sampai Tanah Kusir," kata sutradara film Joko Anwar melalui akun twitternya.

Terkait hal tersebut, Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menyebut suara dentuman yang ramai dibahas di media sosial bukan berasal dari letusan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda.

Kepala PVMBG, Hendra Gunawan menyebut dari laporan terakhir dari penjaga pos dekat Gunung Anak Krakatau tidak ada laporan suara dentuman.

"Dari laporan pos yang dekat Gunung Anak Krakatau itu bahwa tidak ada yang melaporkan adanya suara dentuman," kata Hendra saat dikonfirmasi.

Menurut Hendra, bahwa memang terjadi hujan lebat sejak semalam. Untuk laporan yang diterimanya hanya berasal dari suara petir.

"Ya, hanya laporan dari pos berada di Gunung Gede di Puncak dan Gunung Salak di Bogor. Mendengar suara (dentuman) tapi suara dentuman petir itu. Karena memang hujan petir yah," ujar Hendra.

Hendra menyebut bahwa data yang dimiliki lembaganya, memang suara dentuman berasal dari suara petir.

"Karena kita tidak bisa bilang lebih yah. Karena data yang kami punya cuma itu (suara petir). Kami tidak bisa berfikir logika-logika, karena data informasi saja," kata Hendra.

Video Suara Dentuman Krakatu Bidikan Warganet











Next article Next Post
Previous article Previous Post