Alternatif Hotel Hotel Murah Di Mekkah Dekat Ka’bah

KabarMakkah.Com – Kendala bagi sejumlah wisatawan ketika mengeluh soal harga biasanya disebabkan tingginya harga hotel atau penginapan di tempat tujuan. Begitu juga bagi jamaah umrah yang ingin mencari paket murah sudah semestinya dia harus rela untuk menginap di hotel selain bintang 5 baik di Mekkah maupun di Madinah.

Sebenarnya ada beberapa alternatif hotel hotel murah di Mekkah yang recommended, namun jangan pilih asal murah, Jarak antara hotel menuju ke Masjidil Haram sudah semestinya anda pertimbangkan dengan matang terlebih dahulu. Karena hal ini akan mengakibatkan perjalanan umroh maupun haji anda kurang nyaman disebabkan jauhnya jarak ketika ingin beribadah di dekat ka’bah. Apalagi jika ada jamaah yang kurang fit atau sudah uzur, Maka pilihlah yang murah namun juga dekat dengan Masjidil Haram.

Dan dibawah ini adalah berbagai hotel yang bisa menjadi pilihan bagi jamaah umroh yang menginginkan harga murah tapi tetap nyaman ketika beribadah.

1. Burj Al Sulthan Hotel

Hotel ini terletak di jalan Ibrahim Al Khalil tepatnya di samping Jabal Umar, jarak dari masjidil haram sekitar 150 meter, pintu untuk masuk ke hotel ini memang kecil namun lobbi di dalamnya luas sehingga bisa menampung banyak jamaah yang sedang check in maupun check out. Penulis pernah menginap di hotel ini, fasilitas di dalamnya seperti hotel bintang 3 dan hotel ini juga menyediakan menu makanan ala Indonesia yang diambilkan dari katering luar, sehingga anda bisa memilih sendiri menu makanan yang diinginkan.

hotel hotel murah di mekkah
Burj Al Sultan Hotel Mekkah

Harga yang ditawarkan Hotel Burj Al Sultan tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan hotel-hotel megah sekelas Hilton Hotel Mekkah dan Fairmont Hotel, Namun perlu diingat bahwa rate hotel akan berbeda-beda tergantung di bulan apa anda ingin menginap disana, Semakin mendekati bulan Ramadhan maka semakin mahal harga untuk menginap di hotel tersebut. Begitu juga dengan kondisi roomnya akan mempengaruhi harga untuk menginap di hotel ini, apakah hanya double, triple atau quad. Harga berkisar antara 100 – 150 USD per malamnya.


2. Hotel Baity 5 Mekkah

Pilihan kedua adalah Hotel Baity 5, Hotel ini terletak di jalan Ibrahim Al Khalil juga tepatnya disamping hotel Burj Al Sultan. jarak untuk menuju ke Masjidil Haram sekitar 155 Meter. Penulis juga sudah sering menginap di hotel ini.

Hotel Baity 5 Mekkah

Fasilitas yang ada di dalamnya lebih memadai dibanding Hotel Burj Al Sultan dan tampak lebih bersih. Para cleaning service adalah orang madura yang bisa berbahasa Indonesia sehingga akan memudahkan anda ketika menginginkan bantuan dari mereka.

Hotel Baity 5 Mekkah bentuknya sangat unik, tidak seperti hotel hotel lainnya di Mekkah, bisa dilihat di gambar diatas dari luar terlihat bukan bangunan persegi namun bulat. kekurangan hotel ini hanya di restoran atau tempat untuk manyantap makan, karena ruang makannya sangat sempit sekali. tapi hal ini bisa diakali dengan membawa makanan dari restoran kemudian di makan dalam kamar masing-masing.

Menu makannya hampir sama dengan Hotel Burj Al Sultan, karena yang memasak adalah katering dari luar, sehingga anda para tamu-tamu Allah bisa menentukan sendiri lauk pauk yang ingin dinikmati. Mengenai harganya juga tidak terlalu jauh berbeda dengan Hotel Burj Al Sultan. Namun jika disuruh memilih diantara keduanya saya lebih memilih hotel ini.

Baca Juga: Tempat Belanja Paling Murah Di Mekkah dan Madinah

3. Hotel Haneen Al Firdaus

Pilihan ketiga adalah Hotel Haneen Firdaus Mekkah, hotel ini terletak di Ibrahim Al Khaleel Street sama seperti hotel-hotel diatas, tepatnya di samping Hotel Baity 5. Jarak dari Masjidil Haram sekitar 160 meter. Hotel ini sering digunakan oleh jamaah umroh dan haji dari Indonesia. Lobby hotel ini sangat luas jika dibandingkan dengan dua hotel yang saya sebutkan diatas, namun sayang, liftnya hanya sedikit dan sangat sempit. sehingga para jamaah harus mengantri berlama-lama di depan lift jika sedang sibuk.

hotel murah mekkah
Haneen Al Firdaus Hotel Makkah

Menu makanan yang disajikan hotel ini berbeda dengan hotel Burj Sultan maupun Baity 5, namun cita rasa makanannya juga tidak mau kalah, karena yang memasak adalah orang Indonesia, bumbunya juga bumbu asli Indonesia. Penulis pernah menginap 2 kali di hotel ini. fasilitas yang ada di dalamnya hampir sama dengan Hotel baity 5. Harga yang ditawarkan oleh hotel ini lebih sedikit mahal dibandingkan dua hotel yang saya sebutkan diatas karena semua kamar di hotel ini sudah di booking full oleh pihak ketiga, sekitar 150 – 200 USD permalamnya tergantung dengan musim dan pilihan double, triple atau quad.

4. Marsa Al Jariyah Hotel

Pilihan Hotel Murah di Mekkah selanjutnya adalah Marsa Al Jariyah Hotel, penulis sering menginap di hotel ini, mungkin lebih dari 7 kali. harga untuk hotel ini memang lebih mahal tapi sebanding dengan fasilitas yang ada di dalamnya. Lift untuk mengangkut para tamu di hotel ini juga luas dan banyak, sehingga para jamaah tidak perlu menunggu lama jika sedang sibuk-sibuknya seperti ketika jam jam check out dan check in.

Loading...

Marsa Al Jariyah Hotel Murah Makkah
Marsa Al Jariyah Hotel Makkah

Kekurangan Hotel Marsa Al Jariyah adalah terdapatnya gardu listrik persis di depan pintu hotel sehingga mengganggu pemandangan dan tentunya akan menyulitkan para jamaah yang lalu lalang ingin masuk atau keluar hotel. Fasilitas yang ada di dalamnya seperti hotel bintang 3 di Indonesia dan mengenai menu makan anda bisa memilih katering sendiri. Harga yang ditawarkan hotel ini lebih mahal jika dibandingkan dengan hotel-hotel diatas, sekitar 180 – 250 tergantung musim dan macam kamar.

Baca Juga: Oleh Oleh Khas Mekkah Dan Madinah

5. Hotel Lu’luat Dhiof Al Rahman Makkah

Hotel ini terletak di Ibrahim Khalil Street Makkah, penulis pernah sekali menginap di hotel ini, fasilitas yang ditawarkan hampir sama dengan hotel-hotel diatas namun kamar di hotel ini lebih sempit. liftnya pun hanya sedikit sehingga mengurangi kenyamanan para tamu di hotel ini.

hotel murah di dekat masjidil haram
Hotel Lu’luat Dhiof Al Rahman Makkah

Hotel Lu’luat Dhiof Al Rahman berjarak sekitar 200 meter dari masjidil haram, dari pantauan KabarMakkah.Com, hotel ini memang jarang sekali digunakan oleh jamaah Indonesia, biasanya yang singgah kesini adalah jamaah umroh dari Pakistan dan India. Harga yang ditawarkan lebih murah berkisar antara 150 – 250 USD permalamnya.

6. Ambassador Hotel Mekkah

Hotel berbintang tiga ini termasuk bangunan baru karena mulai dipakai dari tahun 2012. Fasilitas yang ada di dalamnya lebih memadai dan tentunya lebih lux dibanding semua hotel yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Ambassador Hotel Mekkah
Ambassador Hotel Mekkah

Jarang saya temukan jamaah indonesia yang menginap di hotel ini karena harga yang dipatok lebih mahal dibandingkan hotel-hotel yang saya sebutkan sebelumnya. mungkin karena bangunan hotel baru jadi harga yang ditawarkan pun sebanding dengan kualitas yang ada di dalamnya. Lobby hotel ini sangat luas dan liftnya juga banyak sehingga akan memudahkan para jamaah yang sedang check in maupun check out.

Baca Juga: Tips Belanja Di Mekkah Dan Madinah

Jarak ke Masjidil Haram sekitar 250 meter, bisa ditempuh dengan jalan kaki. Rate harga sekitar 200 – 300 USD permalamnya tergantung type kamar dan musim.

7. Nawarat Shams Hotel Makkah

Hotel ini terletak di jalan Ibrahim Khalil tepatnya bersebelahan dengan Hotel Lu’luat Dhiof Al Rahman. Fasilitas di hotel ini mirip hotel berbintang 3 di Indonesia. Namun sayangnya lobby sangat sempit dan lift juga terbatas.

hotel mekkah dekat masjidil haram
Nawarat Shams Hotel Makkah

Jarak hotel ke Masjidil Haram sekitar 250 meter dan fasilitas yang ada didalamnya sama persis denga hotel Lu’luat Dhiof Al Rahman Makkah, Harga permalam sekitar 150 – 250 USD tergantung type room dan musim waktu menginap.

Baca Juga: Ulasan Tentang Hotel Le Meridien Makkah

8. Nawarat Shams 2 Hotel Makkah

Hotel ini adalah cabang dari hotel yang sudah saya sebutkan diatas, Fasilitas di hotel ini lebih minim jika dibandingkan dengan hotel no 1 nya, namanya saja nomer 2 kok mau dibandingkan dengan no 1 atau aslinya. Lift di hotel ini sangat sedikit dan sempit. hotel ini tidak ada lobbynya karena jika masuk ke hotel ini langsung diarahkan ke lift.


hotel mekkah
Nawarat Shams 2 Hotel Mekkah



Rate harga hotel ini lebih murah jika dibandingkan dengan hotel-hotel diatas, berkisar antara 100 – 220 permalamnya tergantung type kamar dan musim. Jarak antara hotel ke masjidil haram sekitar 300 meter.

Baca Juga: 7 Hotel Yang Paling Dekat Dengan Masjidil Haram

Demikian beberapa alternatif hotel murah yang bisa dijadikan acuan jika ingin berkunjung ke Kota Mekkah. Semoga bermanfaat bagi anda para tamu-tamu Allah maupun bagi pemilik travel umroh yang ingin mencari hotel yang murah di Mekkah. Sebenarnya masih banyak hotel-hotel lain yang ingin saya tuliskan, namun karena keterbatasan waktu insyaallah akan saya sambung di lain postingan.

Loading...
Ayo Bagikan Info Ini