Amalan Istimewa Dari Baginda Nabi, Dzikir Ringan Namun Berpahala Sebesar Gunung Uhud



Memasuki Bulan Ramadhan 2017 ini, kualitas dan kuantitas amal shalih harus kita tingkatkan, karena Allah sudah menjanjikan berlipatnya pahala bagi amal shalih di bulan suci ini. Salah satunya adalah memperbanyak dzikir kepada Allah.

Amalan Istimewa Dari Baginda Nabi, Dzikir Ringan Namun Berpahala Sebesar Gunung Uhud


Kiranya kita perlu menilik satu hadits yang berisi amalan istimewa yang layak kita praktekkan. Amalan ini sungguh ringan untuk diucapkan namun bernilai pahala sampai bergunung-gunung.

عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَا يَسْتَطِيْعُ اَحَدُكُمْ اَنْ يَعْمَلَ كُلَّ يَوْمٍ مِثْلَ اُحُدٍ عَمَلاً؟ قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَ مَنْ يَسْتَطِعْ اَنْ يَعْمَلَ كُلَّ يَوْمٍ عَمَلاً مِثْلَ اُحُدٍ؟ قَالَ: كُلُّكُمْ يَسْتَطِيْعُهُ. قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَا ذَا؟ قَالَ: سُبْحَانَ اللهِ اَعْظَمُ مِنْ اُحُدٍ، وَ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ اَعْظَمُ مِنْ اُحُدٍ، وَ اْلحَمْدُ ِللهِ اَعْظَمُ مِنْ اُحُدٍ، وَ اللهُ اَكْبَرُ اَعْظَمُ مِنْ اُحُدٍ. ابن ابى الدنيا و النسائى و الطبرانى و البزار

Dari 'Imran bin Husain radhiyallahu 'anhu, ia berkata : Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Apakah seseorang diantara kalian setiap hari tidak mampu mengamalkan suatu amalan sebesar gunung Uhud ?"

Para shahabat menjawab, "Ya Rasulullah, siapa yang mampu melakukan amalan sebesar gunung Uhud setiap hari ?"

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Kalian semua mampu"

Mereka bertanya, "Ya Rasulullah, bagaimana caranya ?"

Beliau bersabda, "Ucapan : سبحا ن الله (Subhaanallah) lebih besar (pahalanya) dari pada gunung Uhud, ucapan لا اله الا الله (Laa ilaaha illallah) lebih besar dari pada gunung Uhud, ucapan الحمد لله (Alhamdu lillah) lebih besar dari pada gunung Uhud, dan ucapan الله اكبر (Allahu Akbar) lebih besar dari pada gunung Uhud." (HR. Ibnu Abid Dunya, Nasai, Thabrani dan Al-Bazzar)

Dzikir yang sesngguhnya tentu tidak hanya sebatas di lisan saja, namun meresap sampai ke sanubari kita. Subhanallah, Mahasuci Allah Ta'ala. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Ta'ala. Laa ilaha Illallah, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah. Allahu Akbar, Allah Mahabesar.

Betapa murahnya Rabb kita mengganjar amalan kita yang terlihat ringan ini dengan balasan yang teramat agung. Mengetahui riwayat ini serta keutamaan-keutamaan dzikir lainnya, tentu kita sebagai hamba yang beriman termotivasi untuk memperbanyak dzikir kepada-Nya.

Ramadhan merupakan bulan penuh hikmah. Bulan dimana nafas orang yang berpuasa dianggap melebihi wangi parfum kasturi. Bulan yang amat agung yakni ketika pintu-pintu surga dibuka lebar-lebar dan pintu neraka ditutup rapat-rapat.

Ramadhan semakin sempurna keistimewaannya karena di dalamnya ada satu malam yang lebih mulia dari seribu bulan atau sekitar delapan puluhan tahun. Bulan dimana Al-Qur'an Al-Karim diturunkan ini merupakan salah satu karunia besar dari Allah subhanahu wa ta'ala kepada umat Nabi Muhamamd di akhir zaman ini.

Baca Juga:





Semoga Bulan Ramadhan 2017 ini menjadi momentum berlipatnya kebaikan bagi kita semua serta terhapusnya dosa-dosa kita yang telah lampau. Dengan memperbanyak dzikir, istighfar, shalat, serta ibadah mahdhah lainnya juga amal sosial kita untuk saudara-saudara yang membutuhkan, semoga kita menjadi lulusan-lulusan berkualitas dari madrasah Ramadhan dan hingga akhirnya menyandang gelar sebagai pribadi yang bertakwa. Aamiin.


Loading...