Benarkah FPI Anti Pancasila? Ini Jawaban Panglima TNI dan Habib Rizieq



Ormas FPI (Front Pembela Islam) kerap dianggap sebagai ormas anti Pancasila oleh sebagian orang. Ormas yang didirikan Habib Rizieq Shihab itu juga sering dianggap radikal. Benarkah demikian?

Terkait hal ini, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, pihaknya sedang mendalami apakah FPI termasuk ormas yang anti terhadap Pancasila.

Benarkah FPI Anti Pancasila? Ini Jawaban Panglima TNI dan Habib Rizieq


“Masih didalami kalau FPI itu masih didalami,” ujar Panglima TNI di Cilangkap, Jakarta, Selasa (17/1).

Gatot menambahkan, TNI memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan perlawanan terhadap pihak manapun yang anti Pancasila.

Menurut mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) tersebut, Jika ormas anti pancasila dibiarkan dan TNI tidak melakukan perlawanan, maka bisa mengancam kedaulatan negara Indonesia. Seperti merubah ideologi bangsa.

“Kalau ada ormas yang bertentangan, kalau dibiarkan tujuan terakhir adalah mengubah Pancasila,” katanya.

Oleh sebab itu, Gatot tidak ingin ormas anti Pancasila tumbuh subur di Indonesia. Karena keberadaan mereka berpotensi akan mendoktrin pola pikir masyarakat terhadap ideologi yang terkandung dalam Pancasila.

“Masyarakat Indonesia pelan-pelan imagenya sudah berubah. Yang tadinya santun, damai dengan adanya radikalisme negara lain mulai mengecam,” katanya.

Sebelumnya, Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab menegaskan bahwa FPI bukan ormas anti Pancasila. Sebab Pancasila tidak bertentangan dengan agama. Hal itu ditegaskan oleh Habib Rizieq dalam Simposium Nasional yang digelar di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Rabu (1/6/2016).

Habib Rizieq menjelaskan, UUD 1945 menyatakan bahwa Indonesia berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Pada pasal 29 ayat 2 ada jaminan dari negara bahwa setiap pemeluk agama bebas melaksanakan ajaran agamanya sesuai keyakinan masing-masing.

“Dengan demikian, Pancasila tidak bertentangan dengan Islam dan harus diasuh oleh umat Islam,” jelas Habib Rizieq.

“Maksudnya diasuh adalah umat Islam selaku mayoritas di negeri ini harus menjaga Pancasila jangan sampai ditafsirkan dengan berbagai macam cara untuk diselewengkan. Dengan itu, kita bisa melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa,” ucap Habib Rizieq. (PS)


loading...