Luar Biasa, Ini Pekerjaan Rasulullah sebagai Suami

Luar Biasa, Ini Pekerjaan Rasulullah sebagai Suami

author photo


Banyak lelaki yang enggan melakukan pekerjaan rumah, sebagian dari mereka berpikir bahwa yang menyebabkan berkurangnya kedudukan atau wibawa laki-laki adalah dengan ikut bersama anggota keluarga mengerjakan pekerjaan rumah.

Luar Biasa, Ini Pekerjaan Rasulullah sebagai Suami


Adapun Rasulullah, beliau menjahit sendiri bajunya, menambal sandalnya sendiri, dan melakukan pekerjaan yang tak biasa dilakukan oleh kaum adam di dalam rumah mereka.

Demikian dikatakan oleh istri beliau Aisyah ketika ditanya apa yang dikerjakan Rasulullah dalam rumahnya. Aisyah menjawab dengan apa yang dilihatnya sendiri. Dalam riwayat lain disebutkan, "Ia adalah manusia di antara sekian manusia, membersihkan bajunya, memerah susu kambingnya, dan melayani dirinya." (HR. Ahmad)

Sayyidah Aisyah juga pernah ditanya tentang apa yang dilakukan oleh Rasulullah dalam rumahnya. Ia berkata, "Beliau ada (bersama) pekerjaan keluarganya maksudnya membantu keluarganya- dan apabila (waktu) salat, beliau keluar untuk salat." (HR. Bukhari).

Jika kita praktikkan sekarang, berarti kita telah mewujudkan beberapa kemaslahatan untuk keluarga:

1. Meneladani Rasulullah
2. Ikut membantu keluarga
3. Rendah hati dan tidak takabur (sombong)

Sebagian suami meminta kepada istrinya agar menghidangkan makanan dengan segera, sementara periuk masih di atas tungku api, anak kecilnya berteriak ingin disusui, ia tidak menyentuh anak tersebut, juga tidak mau sabar sedikit menunggu makanan. Hendaknya beberapa hadits di atas menjadi pelajaran dan peringatan.

Semoga bermanfaat, Wallahu A'lam.
Next article Next Post
Previous article Previous Post