Unik! Kota Di Tengah Padang Pasir Ini Berbentuk Seperti Sarang Lebah




Setiap daerah memiliki keunikan masing-masing mulai dari adat istiadat hingga bentuk rumah. Itu juga yang terjadi di Kota Ghadames yang lebih dikenal sebagai “Mutiara Padang Pasir”. Ghadames sendiri merupakan kota oasis di Distrik Nalut dari wilayah Tripolitania di barat daya Libya.

Bisa dikatakan Kota Ghadames merupakan salah satu kota Pra Sahara tertua dan memiliki pemukiman tradisional yang terjaga hingga saat ini.

Unik! Kota Di Tengah Padang Pasir Ini Berbentuk Seperti Sarang Lebah

Di sana terdapat sekitar 10 ribu penduduk yang kebanyakan dari suku Berber. Mereka membuat rumah yang terbuat dari lumpur, bata dan sawit. Rumahnya pun dibuat berdampingan membentuk sarang lebah yang sangat unik.

Rumah-rumah tersebut dibuat secara vertikal dimana lantai dasar diperuntukkan bagi tempat persediaan makanan, lantai selanjutnya untuk tempat keluarga dan lantai teratas untuk teras bagi para wanita. Rumah tradisional tersebut juga terdapat trotoar atap yang memungkinkan setiap wanita untuk bergerak bebas tanpa harus takut akan pandangan dari laki-laki lain.

Kota ini dibangun pertama kali pada masa periode Romawi dimana saat itu dikenal dengan nama pemukiman Cydamus. Kini kota Ghadames menjadi kota kecil yang terletak di sebelah Palm Grove.

Meski sudah tidak ada bangunan yang berdiri sejak periode awal, namun gaya bangunan di Ghadames memiliki arsitektur yang membedakannya dengan kota lainnya. Dan di tahun 1986 UNESCO pun menyatakan bahwa kota Ghadames sebagai situs warisan dunia.
Baca Juga: UNESCO Nyatakan Secara Resmi Masjid Al Aqsha Adalah Milik Umat Islam





loading...