Subhanallah, Inilah Rahasia Luar Biasa di Balik Wudhu sebelum Tidur

Subhanallah, Inilah Rahasia Luar Biasa di Balik Wudhu sebelum Tidur

author photo
Anjuran Rasulullah untuk seluruh umatnya agar membiasakan berwudhu sebelum tidur telah disampaikan sejak 14 abad silam. Namun sayang, saat ini banyak kaum muslimin yang menganggap remeh terkait masalah wudhu sebelum tidur ini. Padahal, ada rahasia yang luar biasa di balik wudhu sebelum tidur.

Subhanallah, Inilah Rahasia Luar Biasa di Balik Wudhu sebelum Tidur


Pakar Kesehatan dari Alexandria University, dr musthafa syahatah, yang juga menjadi Dekan Fakultas THT, menyebutkan bahwa jumlah kuman pada orang yang berwudhu lebih sedikit dibanding orang yang tidak berwudhu.

Dengan ber-istinsyaq (menghirup air dalam hidung) misalnya kita bisa mencegah timbulnya berbagai penyakit pernapasan. Dengan mencuci kedua tangan, kita dapat menjaga higienitas tubuh. Dengan rajin berwudhu juga bisa menjaga kebersihan kulit wajah.

Selain itu, kita juga bisa menjaga kebersihan daun telinga dan telapak kaki kita, artinya dengan sering berwudhu mampu menjaga kesehatan tubuh kita.

Lalu, bagaimana jika berwudhu dilakukan sebelum tidur? Nah, para pakar kesehatan di dunia senantiasa menganjurkan agar kita mencuci kaki mulut dan muka sebelum tidur. Bahkan, sejumlah pakar kecantikan memproduki alat kecantikan agar dapat menjaga kesehatan kulit muka.

Di samping itu tentunya anjuran untuk berwudhu juga mengandung nilai ibadah yang tinggi. Sebab ketika seseorang dalam keadaan suci maka berarti ia secara dzahir dekat dengan Allah. Karena Allah akan dekat dan cinta kepada orang-orang yang berada dalam keadaan suci.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’,” (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar)

Hal ini juga ditulis dalam kitab tanqih al-Qand al-Hatsis karangan syekh muhamad bin umar an-nawawi al-mantany. Dari umar bin harits bahwa nabi bersabda: “Barangsiapa tidur dalam keadaan berwudhu, maka apabila mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan syahid disisi allah. Maksudnya orang yang berwudhu sebelum tidur akan memperoleh posisi yang tinggi disisi Allah.

Baca Juga:




Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa berwudhu sebelu tidur merupakan anjuran nabi yang harus dikerjakan bila seseorang ingin memperoleh kemuliaan disisi Allah.
Next article Next Post
Previous article Previous Post