Selain Bertakbir, Perbanyak Doa Ini Saat Hari Tasyrik




Hari tasyrik atau tiga hari sesudah Idul Adha merupakan hari dimana umat islam masih bisa berkesempatan untuk melakukan ibadah kurban. Tak hanya itu saja, tiga hari tersebut juga memiliki kemuliaan yang sangat besar di sisi Allah.

Selain Bertakbir, Perbanyak Doa Ini Saat Hari Tasyrik

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling mulia di sisi Allah Tabaroka Wa Ta’ala adalah hari Idul Adha dan yaumul qarr (hari tasyrik).” (HR Abu Daud).

Tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijah itu juga menjadi hari setiap orang makan dan berdzikir. Maksud makan karena pada hari tersebut setiap orang yang kekurangan harta dan makanan akan mendapatkan daging kurban serta bisa mengisi perutnya.

Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda, “Hari tasyrik adalah hari makan, minum dan mengingat Allah.” (HR Muslim).

Selain mendawamkan dzikir dan takbir dalam tiga hari yang mulia tersebut, umat islam juga dianjurkan untuk membaca doa yang sudah dikenal luas bahkan sebagian besar muslim sudah hafal doa tersebut.

Doa yang dimaksud adalah doa sapu jagat yang bertujuan meminta agar Allah memberikan kebaikan di dunia maupun di akhirat serta dilindungi dari siksa neraka.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 200 dan 201.

فَإِذَا قَضَيْتُمْ مَنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا اللَّهَ كَذِكْرِكُمْ آبَاءَكُمْ أَوْ أَشَدَّ ذِكْرًا فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الآخِرَةِ مِنْ خَلاقٍ, وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berdzikirlah (dengan menyebut) Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berdzikirlah lebih banyak dari itu. maka diantara manusia ada orang yang berdoa, “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia” dan tiadalah baginya bagian (yang menyenangkan) di akhirat. Dan diantara meeka ada orang yang berdoa, “Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS Al Baqarah 200-201)

Sementara dalam riwayat Ikrimah ia berkata,

ﻛﺎﻥ ﻳﺴﺘﺤﺐ ﺃﻥ ﻳُﺪﻋﻰ ﻓﻲ ﺃﻳﺎﻡ ﺍﻟﺘﺸﺮﻳﻖ : رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Disunnahkan membaca doa pada hari tasyrik: “Robbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzaban naar (Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka)”.

Bahkan disebutkan dalam hadist dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah paling banyak membaca doa sapu jagat ini dalam setiap waktu mengingat keutamaannya yang besar.

ﻛَﺎﻥَ ﺃَﻛْﺜَﺮُ ﺩُﻋَﺎﺀِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻰِّ – ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ – ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﺁﺗِﻨَﺎ ﻓِﻰ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﺣَﺴَﻨَﺔً ، ﻭَﻓِﻰ ﺍﻵﺧِﺮَﺓِ ﺣَﺴَﻨَﺔً ، ﻭَﻗِﻨَﺎ ﻋَﺬَﺍﺏَ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ

“Doa yang paling banyak dibaca oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, “Allahumma rabbana aatina fid dunya hasanah wafil akhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar” (Ya Allah Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka) (HR Bukhari Muslim).

Baca Juga: