Tak Miliki Lahan Yang Luas, Pesantren Ini Lakukan Upacara HUT RI Di Atas Atap




Tak Miliki Lahan Yang Luas, Pesantren Ini Lakukan Upacara HUT RI Di Atas Atap

Tak Miliki Lahan Yang Luas, Pesantren Ini Lakukan Upacara HUT RI Di Atas Atap

Peringatan HUT RI pada hari Rabu (17/8/2016) tak hanya dilakukan oleh berbagai instansi maupun sekolah, namun juga dilakukan oleh berbagai pondok pesantren. Salah satunya adalah Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Nurul Huda Mergosono Malang, Jawa Timur atau yang dikenal dengan sebutan Pesantren Mergosono.

Namun ada yang beda dari Ponpes asuhan KH. M Taqiyudin Alawy tersebut karena melangsungkan upacara di atas atap. Hal ini dikarenakan pesantren itu terletak di dalam gang sempit dan tak memiliki lahan yang cukup luas.

Dengan mengenakan sarung dan kopiah, para santri pun khidmat melaksanakan upacara di atas bangunan berlantai empat tersebut.

Selain bendera merah putih, mereka juga mengibarkan bendera Nahdatul Ulama secara bersamaan dikarenakan pesantren Mergosono berpedoman dengan salah satu organisasi masyarakat tersebut.

Sementara jika biasanya di dalam upacara terdapat sesi mengheningkan cipta, maka pesantren tersebut menggantinya dengan membaca Al Fatihah guna mendoakan para pahlawan yang telah gugur di medan perang.

Di akhir sesi upacara, para santri mengucapkan ikrar santri yang berisi dua kalimat syahadat, janji setia membela bangsa dan setia terhadap Nahdatul Ulama. Ikrar itu pun diketahui merupakan kombinasi antara Panca Setia Santri ala KH Marzuki Mustamar dan Ikrar Bela ala habib Luthfi bin Yahya Pekalongan.

Berikut bunyi atau ikrar yang dilafalkan oleh para santri Pesantren Mergosono tersebut.

بسم الله الرحمن الرحيم
أشهد أن لا إله إلا الله
وأشهد أن محمدا رسول الله
وأقر أن جمعية نهضة العلماء ثابت لازم في القلب
وأقر أن حب الوطن من الإيمان
وأقر أن الدفاع عنه واجب
وأقر أن وحدة جمهورية إندونيسيا سعر ثابت لا يتغير

Kami santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Nurul Huda Mergosono Malang:

1. Kami bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah
2. Kami bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah
3. Kami berikrar bahwa NU selalu di hati
4. Kami berikrar bahwa mencintai tanah air adalah bagian dari iman
5. Kami berikrar bahwa membela tanah air adalah wajib

Sesi acara pun dilanjutkan dengan menyampaikan amanat dan hal yang sering kita lihat di upacara perayaan HUT RI lainnya.

Baca Juga:







loading...