PPIH Daker Makkah Lakukan Upacara HUT RI Ke 71




Para petugas haji Daerah Kerja (Daker) Makkah menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, pagi tadi, Rabu (17/8/2016) di halaman kantor Daerah Kerja Makkah. Acara upacara ini dimulai sejak pukul 08.00 waktu Makkah Arab Saudi (WAS).

PPIH Daker Makkah Lakukan Upacara HUT RI Ke 71
Suasana Upacara HUT RI Ke 71 di Halaman Kantor Daker Makkah

Panasnya matahari dan cuaca ekstrem di kota Makkah tidak menyurutkan semangat para petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk melakukan Upacara HUT RI Ke 71 ini. Dikomando oleh Jayadi, petugas haji dari unsur TNI, selaku komandan upacara, prosesi peringatan Kemerdekaan ini berjalan dengan lancar.

Suasana khidmat semakin terasa seiring naiknya Sang Saka Merah Putih diiringi syahdu lagu Indonesia Raya. Hening pun merasuk bersamaan Arsyad Hidayat (Kepala Daker Makkah) selaku Inspektur Upacara membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan. Dilanjutkan dengan pembacaan UUD 1945 oleh Aulia Maulida, petugas haji dari unsur tenaga musiman (temus) yang saat ini sedang menempuh studi di Yordania.

Angan para peserta upacara terbawa dalam buai kata cinta dan rindu Tanah Air oleh untaian doa yang dilantunkan oleh Koordinator Konsultan Bimbingan Ibadah Daker Makkah, Aswadi.

“Ya Allah Engkau telah memberkati dan merahmati kami kemerdekaan yang amat berarti. Bimbinglah kami agar dapat merawat kemerdekaan itu sesuai ridha-Mu. Segarkan ingatan kami untuk mengenang arti satu dua nyawa yang melayang demi kemerdekaan. Ringankan gerak kami untuk mengisi hari-hari merdeka dengan kekuatan iman, kemuliaan adab, keadilan hukum, dan kesejahteraan yang merata. Mantapkan langkah kami untuk menjejak jalan yang benar dalam menggapai masa depan bangsa dan negeri ini,” demikian Aswadi melangitkan harapan yang diamini para petugas yang siap mendarmabaktikan diri sebagai pelayan tamu-tamu Tuhan.

Usai upacara, Arsyad Hidayat mengatakan bahwa sebagai warga Negara Indonesia yang baik, keluarga besar PPIH Arab Saudi juga merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 71, meski sedang berada di Arab Saudi. Peringatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat buat seluruh petugas yang sedang bertugas di kota Makkah.

“Kemerdekaan RI ini diperoleh atas kekuatan, upaya, dan semangat para pahlawan. Tidak sedikit dari mereka adalah para hujjaj, jemaah haji yang sepulang melaksanakan ibadah haji mengobarkan semangat kemerdekaan Indonesia,” terangnya.

“Peringatan kemerdekaan ini diharapkan memicu semangat petugas dalam melayani jemaah haji. Sebab, perjuangan melayani jemaah begitu berat. Untuk itu, kita tumbuhkan semangat kebersamaan, patriotisme, dan kekeluargaan. Kita ingin memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji Indonesia,” tandasnya.

Selain di Makkah, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 juga diselenggarakan oleh Petugas PPIH Arab Saudi Daker Airport Jeddah – Madinah dan Petugas PPIH Daker Madinah. Upacara dilaksanakan bersamaan di kantor Daker Madinah. Demikian seperti dilansir dari situs Kemenag.go.id




loading...

close ini