Muslim Gaza Palestina Pun Ikut Merayakan HUT RI Ke-71




Muslim Gaza Palestina Pun Ikut Merayakan HUT RI Ke-71 │ Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-71 tak hanya dirayakan di tanah air saja, namun juga oleh sejumlah umat muslim di Gaza Palestina.

Di tengah kondisi Palestina yang dilanda peperangan, mereka masih tetap memberikan penghargaan kepada bangsa Indonesia lewat perayaan berupa upacara HUT RI di sebuah lapangan. Momen itu pun diabadikan oleh seorang relawan Indonesia bernama Abdillah Onim.

Muslim Gaza Palestina Pun Ikut Merayakan HUT RI Ke-71

Dalam acara perayaan tersebut nampak terlihat pengibaran bendera merah putih, sejumlah drum band dan pengibaran bendera bersama sejumlah anak-anak.

Melihat peristiwa yang mengharukan tersebut, Ustad Fahmi Salim berucap, “Nikmat kemerdekaan amat mahal, mereka mendambakannya dan berharap saudara tua Indonesia dapat menolong lebih keras agar mereka merasakan manisnya kemerdekaan.”

Sejak dahulu Palestina memang senantiasa mendukung kemerdekaan Indonesia. Terbukti dalam sejarah bahwa Palestina menjadi negara pertama yang menyatakan dukungannya dimana saat itu Mufti Besar Palestina, Syekh Muhammad Amin Al Husaini menyampaikan secara terbuka lewat radio. Tak hanya itu saja ia juga mendatangi penguasa Mesir untuk mengakui kemerdekaan Indonesia.

Tak hanya berbentuk pengakuan semata, seorang saudagar Palestina bernama Muhammad Ali Taher bahkan berani menyerahkan semua uangnya di Bank Arabia kepada M Zein Hassan yang merupakan Ketua Panitia Pusat Perkumpulan Kemerdekaan Indonesia.

Pemberian seluruh uang itu pun dilakukan tanpa bukti tanda terima sama sekali dan Muhammad Ali Taher berkata, “Terimalah semua kekayaan saya ini untuk memenangkan perjuangan Indonesia.”

Kisahnya tercatat dengan jelas dalam buku ‘Diplomasi Revolusi Indonesia di Luar Negeri’ pada halaman 247. Sehingga sangat wajar jika Indonesia dengan Palestina memiliki keterkaitan yang sangat erat.

Dengan begitu maka tak salah jika warga Indonesia harus ikut mendukung kemerdekaan bagi negara Palestina. Wallahu A’lam

Baca Juga: