Jangan Terlena! Banyak Pencuri di Bulan Ramadhan




Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Didalamya terdapat banyak keutamaan dan keistimewaan yang tak terhingga. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu yang hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain” (QS. Al-Baqarah : 185)

Jangan Terlena! Banyak Pencuri di Bulan Ramadhan


Oleh karena itu kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan ini dan menjauhi hal-hal yang bisa mengurangi atau membatalkan puasa kita. Dan jangan sampai terlena, Karena di bulan Ramadhan ini juga banyak pencuri yang berkeliaran, diantaranya adalah sebagai berikut :

Televisi

Ini merupakan pencuri yang paling berbahaya, yang bisa merusak puasa orang orang dan mengurangi pahala, seperti nonton film yang tidak pantas dan iklan murahan.

Pasar

Ini juga merupakan pencuri spesialis yang sangat ahli dalam hal menguras uang dan waktu tanpa batas. Oleh karena itu tentukan belanjaanmu sebelum pergi ke pasar.

Begadang Tanpa Arti

Pencuri ini mampu mengambil waktu yang paling berharga. Pencuri yang mengambil sholat tahajud dari seoramg hamba di sepertiga malam terakhir, dan mencuri kesempatan untuk istigfar serta bertaubat. Ini sangat berbahaya, karena kesempatan mendapatkan lailatul qadar bisa hilang begitu saja.

Dapur

Pencuri ini banyak mengambil waktu yang panjang untuk membuat beragam jenis masakan, berupa makanan dan minuman. Hampir-hampir semuanya tidaklah lewat di mulut, kecuali sejenak saja.

Handphone

Sebagian orang mungkin hanya sekedar menjawab panggilan masuk. Namun tak menutup kemungkinan bisa diserang dengan dosa berupa ghibah, namimah, dusta, memuji diri atau orang lain, membeberkan rahasia, berdebat tanpa ilmu, ikut campur urusan orang, dan sebagainya dari kesalahan-kesalahan mulut yang banyak yang juga merupakan majlis yang kosong dari dzikir.

Kikir

Sedekah akan melindungimu dari neraka, dan sebaik-baik sedekah adalah di bulan Ramadhan; maka bersedekahlah secara terang-terangan atau sembunyi-sembunyi.

Majelis yang kosong dari mengingat Allah

Pencuri ini adalah yang mempersiapkan bagimu penyesalan di hari kiamat. Nabi shallaalhu alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah suatu kaum bermajelis, tidak mengingat Allah dan tidak juga bershalawat kepada Nabi mereka kecuali mereka meninggalkan penyesalan. Bila Allah mau maka Allah akan menyiksa mereka, kalau hendah Allah mengampuninya.”

Aku berpesan kepada diriku sendiri dan kalian semua untuk bersiap siap menyambut kemuliaan bulan Ramadhan mulai hari ini; Jika Anda mendapatinya pada tahun ini, maka belum tentu juga Anda dapatkan pada tahun yang akan datang.

Oleh: Ustadz Zainal Abidin, Lc.