Jamaah Naqsabandiyah Khalidiyah Sudah Mulai Berpuasa Hari Ini, Ahad 5 Juni 2016




Jamaah Naqsabandiyah Khalidiyah ternyata sudah melakukan puasa pada hari, Sebelumnya mereka menetapkan 1 Ramadhan 2016 / 1437 H jatuh pada hari Ahad, 5 Juni 2016.

Jamaah Naqsabandiyah Khalidiyah Sudah Mulai Berpuasa Hari Ini, Ahad 5 Juni 2016
Jamaah Naqsabandiyah Khalidiyah (Antara)


"Kita sudah menggelar tarawih sejak kemarin, alhamdulillah hari ini juga kita sudah mulai puasa," ujar Syekh Muda Muhammad Nur Zikri, tokoh di kalangan jamaah Naqsabandiyah Al Khalidiyah, Ahad sore.

Nur Zikri menjelaskan bahwa penetapan awal ramadhan 2016 ini adalah keputusan final dan harus diikuti jamaah Naqsabandiyah Kholidiyah di seluruh Indonesia.

"Jamaah kita tersebar di seluruh Indonesia, ada di provinsi lain, tidak hanya di propinsi Sumatera Utara, Oleh karenanya semua harus sepakat satu suara" kata Nur Zikri.

Untuk penetapan awal puasa Ramadhan, tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah tetap mengacu pada Al-quran dan Hadits. Penghitungan didasarkan pada kalender hisab qomariah. Karenanya, jamaah tarekat ini sudah menetapkan hari raya Idul Fitri 1437 H akan jatuh pada 5 Juli 2016 mendatang.

"Kita sudah tahu dari kalendernya untuk kapan awal puasa 1 Ramadhan dan kapan 1 Idul Fitri semua sudah jelas," ungkapnya.

Baca Juga:




Sementara itu, awal puasa Ramadhan yang ditetapkan tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah diperkirakan lebih cepat dari ketetapan pemerintah. Kementerian Agama sendiri baru akan menggelar sidang isbat penetapan awal Ramadan pada hari ini, Ahad 6 Juni 2016. Sedangkan, Muhammadiyah menetapkan pertama puasa pada besok Senin, 6 Juni 2016.




loading...