Inilah 3 Pesan Malaikat Jibril Kepada Nabi Muhammad Yang Akan Menimpa Diri Kita Juga




Inilah 3 Pesan Malaikat Jibril Kepada Nabi Muhammad Yang Akan Menimpa Diri Kita Juga

Inilah 3 Pesan Malaikat Jibril Kepada Nabi Muhammad Yang Akan Menimpa Diri Kita Juga

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah diutus oleh Allah untuk menjadi pembawa kabar gembira dan juga peringatan bagi seluruh umat manusia. Maka tak heran jika wahyu yang datang kepadanya merupakan sesuatu yang diperuntukkan juga bagi umatnya.

Tak hanya firman Allah saja yang datang kepada Rasulullah, namun malaikat Jibril pun telah memberikan 3 buah pesan yang sarat akan makna kehidupan di dunia ini. Dengan ketiga pesan tersebut manusia akan sadar bagaimana menyikapi apa yang datang kepadanya sebelum nanti berakhir di akhirat.

Pesan yang disampaikan oleh malaikat Jibril tersebut terdapat dalam riwayat Sahl bin Sa’d yang mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah bersabda,

“Jibril mendatangiku lalu berkata: “Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, (tapi ingatlah) sesungguhnya kamu akan mati. Cintailah siapa yang kamu suka, (tapi ingat) sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya. Berbuatlah sesukamu, (tapi ingat) sesungguhnya engkau akan diberi balasan.”

Lantas Jibril berkata kembali: “Wahai Muhammad, kemuliaan seorang mukmin adalah berdirinya dia pada malam hari (untuk shalat malam). Dan keperkasaannya adalah ketidak butuhannya terhadap manusia.” (HR Thabrani, Abu Nuaim dan Al Hakim)

Jika dirinci maka 3 pesan tersebut adalah:

1. Rasululullah diperbolehkan untuk berbuat sesuka hati, namun Jibril pun mengingatkan bahwa sesungguhnya ia akan mati nantinya dan harus mempertanggung jawabkan perbuatannya.

2. Rasulullah boleh mencintai apa yang ia kehendaki, namun ia harus sadar bahwa suatu saat kecintaannya pada hal tersebut akan terputus.

3. Rasulullah diperbolehkan berbuat sekehendaknya, namun akan ada balasan dan pertanggung jawaban atas perbuatannya tersebut di akhirat kelak.

Pesan tersebut tak hanya untuk Rasulullah semata, namun juga diperuntukkan bagi umatnya. Sehingga sudah sepatutnya untuk kita semua menyadari dan merenungi ketiga pesan malaikat Jibril tersebut dalam-dalam. Yang akhirnya akan berbuat ihsan yakni akan selalu merasa diawasi oleh Allah dan hidup hanya untuk Allah.

Baca Juga:


Semoga kita semua termasuk orang yang mau menyadari akan pesan malaikat Jibril tersebut sehingga nantinya bisa selamat dan berada bersama dengan Rasulullah di surga. Aamiin






close ini