Di Negara Asia Ini, Non Muslim Dilarang Makan Di Rumah Makan Pada Jam Puasa




Di Negara Asia Ini, Non Muslim Dilarang Makan Di Rumah Makan Pada Jam Puasa

Di Negara Asia Ini, Non Muslim Dilarang Makan Di Rumah Makan Pada Jam Puasa

Di negara Indonesia, banyak warga non muslim yang dengan beraninya makan di rumah makan atau restoran mereka pada jam puasa. Padahal jelas-jelas hal tersebut akan membuat umat islam menjadi tergoda untuk berbuka puasa bukan pada waktunya.

Jauh berbeda dengan negara Brunei Darussalam yang melarang warga non muslim untuk makan langsung di rumah makan ataupun restoran ketika jam puasa berlangsung. Sehingga umat yang tidak berpuasa menghormati ibadahnya umat yang berpuasa.

Meski tidak ada pelarangan terhadap restoran atau rumah makan yang buka pada jam puasa, namun pemerintah menghimbau agar warga non muslim membawa makanannya ke tempat yang lebih tertutup. Tak hanya untuk warga asli Brunei, aturan tersebut juga berlaku untuk warga asing yang berwisata ke Brunei.

Keputusan tersebut diambil setelah Majelis Ulama Brunei mengadakan pertemuan pada tahun yang lalu dan baru kali ini peraturan tersebut diterapkan dengan sungguh-sungguh.

Berdasarkan keterangan dari Abdul Aziz Haji Akop selaku sekretaris Majelis Ulama Brunei, pelanggan yang non muslim bisa memesan makanan di manapun asal tidak langsung makan di tempat, melainkan di bawa ke rumah atau tempat yang tidak dilihat oleh orang yang mengerjakan puasa.

Bisakah Indonesia membuat aturan seperti yang dilakukan oleh Brunei?

Baca Juga:





loading...