6 Anjuran Rasulullah Menjelang Ramadhan Agar Mendapat Ampunan, Rahmat Dan Keberkahan




6 Anjuran Rasulullah Menjelang Ramadhan Agar Mendapat Ampunan, Rahmat Dan Keberkahan

6 Anjuran Rasulullah Menjelang Ramadhan Agar Mendapat Ampunan, Rahmat Dan Keberkahan

Ramadhan sebentar lagi akan mengisi hari-hari kita dan sudah selayaknya bagi kita untuk menyambut bulan suci tersebut dengan penuh kegembiraan. Karena sesungguhnya di dalam bulan Ramadhan, Allah telah menyediakan beragam kenikmatan mulai dari ampunan, rahmat hingga keberkahan seperti dilipat gandakannya pahala.

Karenanya sangat disayangkan jika bulan Ramadhan hanya lewat begitu saja tanpa dioptimalkan dengan berbagai amalan seperti shalat wajib, shalat sunnah, tilawah, dzikir dan yang lainnya. Jika bisa seperti itu setiap harinya dan dilakukan dengan istiqomah, maka Allah akan melimpahkan karuniaNya kepada kita semua.

Rasulullah pun telah memberikan anjuran kepada umatnya agar tidak menyia-nyiakan bulan suci tersebut karena belum tentu kita bisa melalui kembali Ramadhan yang akan datang.

Dalam suatu hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dari Salman Al Farisi dijelaskan bahwa ketika Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tengah berkhutbah di akhir bulan Sya’ban, beliau berpesan kepada umatnya dengan 6 hal berikut.

1. Pergunakan Bulan Ramadhan Dengan Sebaik-Baiknya

Tentu kita sudah mengetahui dalam surat Al Qadr bahwa salah satu malam di bulan Ramadhan memiliki keutamaan lebih dari seribu bulan. Tentu sejak awal bulan kita pun bersungguh-sungguh melalui bulan Ramadhan dengan berbagai amalan, baik ibadah yang wajib seperti shalat wajib dan puasa ataupun ibadah sunah seperti shalat tarawih, shalat sunah dan yang lainnya. Dengan begitu mudah-mudahan Allah memperkenankan kepada kita semua untuk bisa mendapatkan malam Lailatul Qadar tersebut.

2. Bulan Dilipat Gandakannya Pahala, Isilah Dengan Amal Shalih

Jika di bulan-bulan sebelumnya Allah hanya menganjar kebaikan manusia misal dengan 10 pahala, maka di bulan Ramadhan Allah membalas dengan berkali-kali lipat. Allah bahkan memperjelas bahwa siapa yang melakukan satu ibadah fardhu di bulan Ramadhan akan sama dengan 70 kali ibadah fardhu di bulan lainnya. Jadi masihkah membiarkan bulan tersebut dilalui dengan sia-sia?

3. Jadikan Bulan Ramadhan Untuk Melatih Kesabaran

Bulan Ramadhan memang menjadi bulan yang penuh dengan kesabaran. Bagaimana tidak, setiap hari selama sebulan kita menahan lapar, haus dan hal yang mampu membatalkan puasa. Bukankah itu merupakan kesabaran yang paling tinggi? Belum lagi harus menghindari berbagai amalan atau perilaku yang menghilangkan pahala puasa. Maka sangat wajar jika bulan tersebut melatih kita untuk optimal dalam bersabar.

4. Belajarlah Menumbuhkan Simpati Kepada Orang Lain

Jika setiap hari atau setiap saat kita tidak pernah bisa lepas dari makanan, maka dengan berpuasa kita akan lebih menghargai perasaan orang miskin yang kesulitan mendapatkan makanan. Rasulullah bahkan menganjurkan berbuka puasa dengan satu buah kurma dan satu tegukan air susu.

Perasaan simpati juga mendatangkan kebaikan berupa ingin berbagi dengan orang lain lewat pemberian makanan. Dan ketahuilah bahwa barang siapa yang memberikan makanan bagi orang yang berpuasa, maka akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut berpuasa.

5. Tingkatkan Dan Istiqomahkan Amal Shalih

Allah dan RasulNya telah banyak menyebutkan bahwa bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan. Tentu untuk mendapatkannya bukan dengan jalan berleha-leha atau santai. Perlu adanya peningkatan amal ibadah sehingga Allah lewat kasih sayangNya menurunkan rahmat dan ampunanNya.

Dengan demikian bulan Ramadhan menjadi bulan yang mampu meningkatkan ibadah guna diterapkan di bulan berikutnya.

6. Perbanyak Doa Dan Mohon Ampunan

Dalam suatu hadist disebutkan bahwa 10 hari pertengahan Ramadhan, Allah akan mengampuni hamba-hambaNya. Dan di 10 hari terakhirnya, Allah akan membebaskan manusia dari api neraka. Karenanya moment tersebut sangat pas untuk kita memanjatkan doa dan ampunan seperti mengucapkan kalimat istighfar dan doa di setiap penghujung shalat.

Itulah 6 anjuran Rasulullah menjelang Ramadhan bagi seorang muslim yang benar-benar menginginkan rahmat, ampunan dan keberkahan Allah menaungi dirinya.

Baca Juga:


Semoga kita semua diberi kesempatan untuk melaksanakan puasa dan amalan ibadah lainnya di bulan Ramadhan dengan maksimal. Aamiin