Ini Waktu Mustajab untuk Berdoa dan Berdzikir Saat Ramadhan

Ini Waktu Mustajab untuk Berdoa dan Berdzikir Saat Ramadhan

author photo
KabarMakkah.Com - Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan maghfirah, dimana kebaikan pahalanya akan dilipatgandakan, oleh karena itu jangan membiarkan ramadhan sia-sia tanpa aktifitas yang berarti.

Diantara aktifitas yang sangat penting dan berbobot tinggi, namun ringan dilakukan oleh umat Islam adalah memperbanyak baca Alqur'an, berdzikir, do'a dan istighfar. Bahkan do'a orang-orang yang berpuasa sangat mustajab, maka perbanyaklah berdo'a untuk kebaikan dirinya dan umat Islam yang lain, khususnya yang sedang ditimpa kesulitan dan musibah.

Adapun waktu-waktu mustajab untuk berdoa dan berdzikir sebagai berikut:

Daftar Menu Buka Puasa
Doa Sebelum Buka Puasa


1. Saat berbuka puasa.

2. Sepertiga malam terakhir, yaitu ketika Allah SWT. turun ke langit dunia. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW berkata: ”Siapa yang bertaubat ? Siapa yang meminta ? Siapa yang memanggil, sampai waktu shubuh (HR Muslim)

3. Memperbanyak istighfar pada waktu sahur. Allah Ta’ala berfirman, “Dan waktu sahur mereka memohon ampun”.

4. Mencari waktu mustajab pada hari Jum’at, yaitu disaat-saat terakhir pada sore hari Jum’at.

5. Duduk untuk dzikir, do'a dan istighfar di masjid, yaitu setelah menunaikan sholat Shubuh sampai terbit matahari. Sebagaimana disebutkan dalam hadits: ”Barangsiapa shalat Fajar berjama’ah di masjid, kemudian tetap duduk berdzikir hingga terbit matahari, lalu sholat dua rakaat, maka seakan-akan ia mendapat pahala haji dan umrah dengan sempurna, sempurna dan sempurna” (HR, Tirmidzi)

Jadi, tunggu apa lagi, mari kita sama-sama sisihkan waktu di bulan ramadhan ini untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT dengan beribadah dan beramal shalih.

Sumber : E-Book Panduan Ibadah Ramadhan, Editor Iman Santoso, Lc
Next article Next Post
Previous article Previous Post