Sebelum Masuk Kota Makkah, Bacalah Doa Dibawah Ini




Kota Makkah Al Mukarramah merupakan Tanah Suci dan kota paling sakral bagi seluruh umat Islam di dunia. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan bagi kaum muslimin sebelum memasuki kota Makkah, yang berhubungan dengan adab dan beberapa larangan ketika menginjakkan kaki di kota yang penuh berkah ini.

Makkah sarat akan situs bernilai dalam sejarah Islam. Di kota inilah, Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Di kota ini pula terdapat bangunan yang paling diagungkan umat Islam sedunia, Ka'bah.

Kota ini merupakan Tanah Haram karena ada beberapa hal yang diharamkan untuk dilakukan oleh pengunjungnya. Allah SWT berkali kali menyebut kemuliaan kota Makkah dalam Al Qur'an. Dan setiap orang yang mengunjunginya tidak boleh berbuat seenaknya di tanah haram. Bahkan, karena sangat sakralnya kota Mekkah ini, non-Muslim diharamkan untuk memasuki kota ini.

Tujuan utama kaum muslimin mengunjungi kota Mekkah adalah untuk berhaji dan berumrah. Semua prosesi haji dan umrah dilaksanakan di kota ini.

Sebelum seorang Muslim memasuki kota suci Makkah, ada beberapa adab yang harus diperhatikan, Salah satunya adalah berdoa sebelum memasuki batas tanah haram, Dianjurkan bagi setiap muslim untuk membaca doa sebelum masuk kota Mekkah. Hal ini bertujuan agar Allah SWT berkenan mengampuni dosa-dosa yang dilakukan seorang muslim sebelum masuk kota yang sangat religius ini.

Berikut adalah lafadz doa sebelum memasuki kota Mekkah:

doa sebelum masuk kota makkah


"Allahumma haadzaa haramuka wa amnuka waharrim lahmii wa damii wa sya'rii wa basyarii 'alan naari wa aminnii min 'adzaabika yauma tab'atsu 'ibaadaka waj 'alnii min auliyaa ika wa ahli thoo'atika."

Artinya:

"Ya Allah, kota ini adalah Tanah Haram-Mu dan tempat yang aman-Mu, maka hindarkanlah daging, darah, rambut dan kulitku dari neraka. Dan selamatkanlah diriku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan kembali hamba-Mu, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yanag selalu dekat dan taat kepada-Mu."




loading...