Benar Sabda Nabi.. Ternyata Ayam Bisa Melihat Penampakan Malaikat

Diposting pada

Subhaanallah.. Allahu Akbar.. Kebenaran firman Allah SWT dan Sabda Rasulullah SAW kian hari makin banyak yang terbukti. Salah satunya adalah sabda Nabi Muhammad SAW tentang Ayam yang bisa melihat Malaikat.

Ayam Bisa Melihat Malaikat

Kurang lebih 1400 tahun silam Nabi SAW bersabda: “Bila engkau mendengar suara ayam jantan, maka mintalah karunia kepada Allah, karena ia melihat malaikat. Sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari syetan, karena dia melihat syetan.” (HR. Bukhari-Muslim – Shahih)

Sabda Nabi Muhammad SAW ini menjelaskan bahwa ayam bisa melihat malaikat. Sabda Nabi adalah wahyu yang diterimanya dari Allah SWT yang tidak boleh diragukan kebenarannya. Namun demikian ilmu pengetahuan modern mengungkap bahwa kebenaran sabda Nabi ini bisa dibuktikan secara ilmiah.

Di tahun 2010, Jurnal Public Library of Science ONE memuat hasil penelitian para ilmuan yang dipimpin oleh Joseph Corbo (St Louis, Washington University). Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa pada retina ayam ditemukan jenis sel kerucut ekstra yang tidak ditemukan pada manusia dan mamalia lainnya. Sel-kerucut adalah sel-sel dalam retina yang mempunyai kemampuan untuk membedakan warna cahaya (cahaya-sensing). Sel-sel ini dapat membedakan panjang gelombang cahaya yang berbeda.

Sel kerucut ekstra pada ayam ini dapat melihat sinar ultraviolet. Berbeda dengan manusia yang hanya mempunyai 3 jenis sel kerucut sehingga warna-warna dasar yang dapat dilihat indra manusia adalah merah, hijau dan biru. Sel-sel kerucut ekstra pada ayam ini tersebar merata di seluruh bagian retina, sehingga warna violet dapat dilihatnya dengan jelas.

Kita semua sudah mengetahui bahwa malaikat diciptakan Allah dari cahaya. Sebagaimana keterangan dari hadist riwayat Abu Daud dan Tirmidzi: “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api….”. Malaikat adalah mahkluk yang yakin ada, namun keberadaannya tidak mampu diindrai alat indra manusia.

Dengan ditemukannya sel kerucut ekstra pada ayam dan dengan adanya sabda Nabi tentang kemampuan ayam dalam melihat malaikat, maka kemungkinan besar sel-sel kerucut ekstra inilah yang menjadikan ayam mempunyai kemampuan tersebut.

Kokok ayam di pagi hari ternyata bukan semata karena terbitnya matahari. Namun Ia tengah melihat para malaikat Allah yang bertebaran membagikan rezeki pada makhluk-makhlukNya. Maka sesuai sabda Nabi di atas, berdo’alah jika mendengar ayam berkokok. Do’a yang mengandung permintaan akan karunia Allah. Semoga limpahan karuniaNya selalu mengalir pada diri dan keluarga kita.

Loading...