Ruhut Hina Fisik dan Ras Kulit, Natalius Beri Jawaban Menohok

Ruhut Hina Fisik dan Ras Kulit, Natalius Beri Jawaban Menohok

 

Ruhut Hina Fisik dan Ras Kulit, Natalius Beri Jawaban Menohok


Ruhut Sitompul baru-baru ini mengomentari sikap Natalius Pigai yang menolak ucapan selamat Natal dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut.


Ruhut Sitompul mengatakan, Natalius Pigai tidak seharusnya bertingkah demikian. Bahkan melihat sikap Natalius Pigai itu, Ruhut Sitompul sampai menyebut 'kaca saja takut melihat gantengannya'.


Kicauan Ruhut Sitompul dinilai segelintir orang merendahkan Natalius Pigai. Salah satunya adalah Ekonom Rizal Ramli.


Ternyata, perdebatan itu berbuntut panjang karena Natalius Pigai membalas tudingan rasis yang mengarah untuknya.


Natalius Pigai lewat jejaring Twitter miliknya, Rabu (30/12/2020) menulis soal rasis yang dilempar kepadanya. Meski tidak secara tegas menyebut Ruhut Sitompul, tetapi pandangan publik mengarah ke sana.


Pasalnya, Natalius Pigai menyebut orang rasis itu adalah dia yang tidak mengerti apapun persoalan nasional maupun global.


Natalius Pigai membandingkan sosok diduga Ruhut Sitompul itu dengan dia yang mengklaim sudah masuk dalam arus utama.


"Rasis ke saya itu, orang tidak dipakai, tidak tahu apa-apa dalam peta nasional dan global. Saya ada di dalam mainstream utama!" tulis Natalius Pigai.


"Ada janji dari asing 28 T ke mungkin oknum-oknum yang klaim toleran 'proyek tipuan & utopia dlm bara kebencian berbasis ideologi agama'. Saya humanitarian dan Katolik Roma! Tegas Tolak!" tandas Natalius Pigai.


Aktivis HAM Natalius Pigai merasa tidak perlu seorang Menag Gus Yaqut yang beragama Islam mengucapkan selamat Natal kepada umat Kristiani.


Sebab menurutnya, sebaiknya Gus Yaqut mengurusi urusan agamanya bukan agama orang lain.


“Ayahku Protestan Kingmi & Ibu Katolik. Saya tegas! tidak butuh ucapan Natal, baik “tidak tulus” juga “berlebihan” dari luar Kristiani. Jalankan saja agamamu dengan benar. tiap ucapan Natal dr non kristiani jarang Saya respons karena itu forum internum (urusan kami), bukan forum externum (urusan kita)," tulis Natalius Pigai.


Ruhut Sitompul ikut mengomentari sikap Natalius Pigai yang menurutnya tidak perlu dilakukan.


Ruhut Sitompul yang juga bagian dari umat Kristiani menilai Natalius Pigai tidak seharusnya menolak ucapan selamat Natal dari Gus Yaqut.


“Natalius Pigai Aku saja yang penganut Kristen malas mengucapkan Selamat Natal untuk Mu, karena congor kau asbun asal bunyi apalagi Menteri Agama RI ha ha ha. Kaca saja takut lihat gantengnya kau MERDEKA,” tulisnya.


Rizal Ramli Kecam Ruhut SItompul


Rizal Ramli menyoroti Ruhut Sitompul yang mengomentari sikap Natalius Pigai menolak ucapan selamat Natal dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut).


Menurut Rizal Ramli, Ruhut Sitompul tidak berhak menghina Natalius Pigai, terlebih membawa suku dan warna kulit.


Kritikan pedas itu dilemparkan oleh Rizal Ramli lewat jejaring Twitter miliknya, Rabu (30/12/2020).


"Eh Ruhut Sitompul, kau sudah ganteng kali rupanya? Sampai kau kurang ajar menghina Natalius Pigai orang Papua? Kalau kau ada sedikit jiwa Pancasila, kau tak berhak menghina orang beda suku dan warna kulit? Macam sudah hebat kali si Poltak ini?" kata Rizal Ramli.

Next article Next Post
Previous article Previous Post